Pengertian, dan Definisi Singkong Ubi Kayu Ketela Pohon

Pengertian Singkong Ubi Kayu Ketela Pohon

Umbi-umbian Singkong dengan nama latin Manihot esculenta merupakan tumbuhan jenis umbi akar atau akar pohon yang panjang fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis singkong yang ditanam. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. 

Ketela pohon , atau yang lebih dikenal dengan Singkong atau ubi kayu, merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Umbi singkong tidak tahan disimpan meskipun di tempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.

Pengertian, dan Definisi Singkong Ubi Kayu Ketela Pohon

Klasifikasi tanaman ketela pohon adalah sebagai berikut:

Kingdom :   Plantae atau tumbuh-tumbuhan
Divisi      :   Spermatophyta atau tumbuhan berbiji
Sub Divisi:   Angiospermae atau berbiji tertutup
Kelas       :   Dicotyledoneae atau biji berkeping dua
Ordo        :   Euphorbiales
Famili      :   Euphorbiaceae
Genus      :   Manihot
Spesies    :   Manihot utilissima Pohl.;  Manihot esculenta Crantz sin.

Tumbuhan singkong (Manihot esculenta) merupakan tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat alternative selain sebagai sayuran atau makanan yaitu sebagai  yaitu obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, bisul, dan bisa meningkatkan stamina.
Loading...