Skip to main content

Wilayah Indonesia, (Perkembangan Jumlah Provinsi di Indonesia, Provinsi di Sumatera, Provinsi di Jawa, Provinsi di Bali, Provinsi di Sulawesi, Provinsi di Maluku, Provinsi di Papua)

Perkembangan Jumlah Provinsi di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri pulau-pulau besar dan kecil
yang dikelilingi oleh lautan. Pulau-pulau besar tersebut antara lain: Sumatra, Jawa,
Kalimantan, Sulawesi dan Irian (Papua).

Tiap pulau terdiri atas beberapa provinsi yang tergabung dalam wilayah Indonesia. Tahukah kamu bahwa dahulu wilayah Indonesia hanya terdiri atas beberapa provinsi? Bagaimana Indonesia bisa memiliki wilayah sebesar sekarang? Sebelum membahas lebih jauh, perhatikanlah peta wilayah Indonesia berikut!
Wilayah Indonesia, (Perkembangan Jumlah Provinsi di Indonesia, Provinsi di Sumatera, Provinsi di Jawa, Provinsi di Bali, Provinsi di Sulawesi, Provinsi di Maluku, Provinsi di Papua)

Tahukah Anda?

Provinsi di Indonesia 33 buah? Sejak Irian Jaya (papua) dibagi menjadi 3 provinsi tahun 1999, lalu masuknya Bangka Belitung, Banten dan Gorontalo tahun 2000, kemudian diikuti kepulauan Riau tahun 2003, jumlah seluruh provinsi di Indonesia yang semula 27 menjadi 33 buah.

Wilayah Indonesia mengalami perkembangan seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, kemampuan ekonomi, serta kemampuan dalam bidang pertahanan keamanan. Inilah yang memengaruhi terjadinya perkembangan provinsi Indonesia.

Provinsi Indonesia Pada Awal Kemerdekaan

Pada awal kemerdekaan yaitu pada tahun 1945, jumlah provinsi di Indonesia meliputi delapan provinsi, yaitu:



Wilayah Provinsi Indonesia Setelah Kemerdekaan

Pada kurun waktu tertentu, wilayah Indonesia mengalami perubahan. Pada tahun 1945, provinsi di Indonesia ada 8. Akan tetapi, sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan kepentingan pembangunan di berbagai bidang, jumlah provinsi di Indonesia mengalami peningkatan.

Untuk lebih jelasnya kita perhatikan tabel berikut! Perkembangan provinsi-provinsi di Indonesia



Letak masing-masing Provinsi di Wilayah Indonesia

Dari data - data yang pernah kita pelajari, tentunya kita bisa menunjukkan pada peta Indonesia di mana provinsi - provinsi tersebut berada mulai dari pulau Sumatra hingga ke Papua. Marilah kita mulai membahasnya!

1. Pulau Sumatra

Pulau Sumatra berbatasan dengan negara Singapura dan Malaysia dengan dipisahkan oleh Selat Malaka dan Samudra Hindia. Pulau Sumatra terdiri atas beberapa provinsi yaitu Nangroe Aceh Darussalam, Sumatra Utara, Riau,Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Sumatra
Selatan, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung dan Lampung.

2. Pulau Jawa

Pulau Jawa berbatasan dengan Pulau Sumatra yang dipisahkan oleh Selat Sunda. Pulau Jawa merupakan pulau yang paling padat penduduknya dibandingkan dengan pulau pulau lain di Indonesia. Di pulau inilah letak Ibu kota Indonesia berada. Di mana letak Ibu kota Indonesia? Yang benar tentu saja Jakarta.

Provinsi-provinsi yang ada di Pulau Jawa ditunjukkan dengan tabel berikut:

3. Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia. Luasnya kurang lebih
mencapai 540.000 km2. Sebelah timur laut pulau Kalimantan berbatasan dengan Laut Cina Selatan, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa, sedangkan sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar . Provinsi yang ada di Pulau Kalimantan yaitu:

4. Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Pulau Bali merupakan pulau yang terkenal hingga ke mancanegara karena keindahan alamnya. Berdasarkan data yang telah kita pelajari sebelumnya Bali dan Nusa Tenggara menjadi bagian dari wilayah Indonesia pada tahun 1958.

Kemudian menyusul pula Timor Timur menjadi bagian provinsi Indonesia tahun 1976. Timor Timur kemudian melepaskan diri dari wilayah Indonesia menjadi negara tersendiri pada tahun 1999. Dengan demikian provinsi yang ada di Pulau Bali dan sekitarnya adalah:

5. Pulau Sulawesi

Pulau Sulawesi berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah baratnya, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Laut Banda. Sebelah timur berbatasan dengan Laut Maluku, sebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Provinsi yang ada di Sulawesi berjumlah 5 setelah Gorontalo berubah menjadi provinsi setelah sebelumnya hanya merupakan kota bagian dari Manado.


6. Pulau Maluku

Pulau Maluku berbatasan dengan Laut Maluku di sebelah barat pulau, dan berbatasan dengan Laut Halmahera dan Papua di sebelah Timurnya. Maluku mulanya hanya memiliki satu provinsi kemudian bertambah lagi menjadi dua provinsi. Provinsi tersebut adalah Maluku dan Maluku Utara.

7. Pulau Papua

Pulau Papua terletak paling timur dari wilayah Indonesia, sebelumnya hanya berupa satu provinsi kemudian pada tahun 1999 dipecah menjadi tiga provinsi yaitu Papua, Papua Barat, dan Papua Tengah. Namun semuanya mempunyai ibu kota yang sama yaitu Jayapura.


Tokoh Sejarah

Burhanudin Jusuf Habibie yang biasa disingkat BJ Habibie, pada waktu itu beliau menjabat Presiden Republik Indonesia menggantikan Soeharto. Pada masa pemerintahannya yaitu pada tahun 1999, sebagian rakyat Timor Timur menginginkan lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Diadakanlah jajak pendapat bagi masyarakat Timor Timur, dan sebagian besar rakyatnya menghendaki lepas Timor Timur dari NKRI. Oleh karena itu, sejak tahun 1999 Timor Timur bukan lagi merupakan wilayah Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

5 Fungsi Modul Input Output (I/O)

5 Fungsi Modul Input Output (I/O) Modul I/O adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register – register CPU. Dalam mewujudkan hal ini, diperlukan antarmuka internal dengan komputer (CPU dan memori utama) dan antarmuka dengan perangkat eksternalnya untuk menjalankan fungsi-fungsi pengontrolan. Fungsi dalam menjalankan tugas bagi modul I/O dapat dibagi menjadi beberapa katagori, yaitu: • Kontrol dan pewaktuan. • Komunikasi CPU. • Komunikasi perangkat eksternal. • Pem-buffer-an data. • Deteksi kesalahan. 1. Fungsi Kontrol dan Pewaktuan Fungsi kontrol dan pewaktuan (control & timing) merupakan hal yang penting untuk mensinkronkan kerja masing – masing komponen penyusun komputer. Dalam sekali waktu CPU berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat dengan pola tidak menentu dan kecepatan transfer

7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database

Pembahasan saat ini yaitu 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database, arsitektur basis data, basis data, database 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi  Dasar Manajemen Database Pengguna dalam Basis data Pada tingkat pemakai, data base dikelompokkan menjadi beberapa tingkat pemakai yaitu antara lain sebagai berikut : 1. Database Administrator Ialah manusia yang mengorganisasi seluruh sistem basis data. Database administrator imemiliki tanggung jawab penuh dalam manajemen database meliputi: pengaturan hak akses, koordinasi dan monitoring serta bertanggung jawab terhadap kebutuhan hardware dan software. Dalam pekerjaannya biasanya dibantu oleh staf Admin. Database Administrator 2. Database Designer Adalah manusia yang bertugas merancang dan mengembangkan database. database designer bertanggung jawab dalam identifikasi data yang tersimpan dalam database, menentukan struktur data yang tepat untuk disimpan dalam database. Database designer memerlukan

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian, tahapan metode ilmiah, metodologi penelitian, metode ilmiah