Skip to main content

Membuat Jadwal Pelajaran dan Analisis Soal dengan Mudah

Sebagai Waka Kurikulum membuat Jadwal Pelajaran adalah pekerjaan yang sangat membosankan dan membuat pusing tujuh keliling, apalagi ditambah dengan banyaknya permintaan hari tertentu oleh beberapa guru, serasa menjadi orang tersedih di dunia. Oleh Karena itu dengan dibuatlah sarana untuk memudahkan pekerjaan tersebut dengan menggunakan kecanggihan Microsoft Excel.


Membuat Jadwal Pelajaran dengan Mudah


Dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel maka beberapa pekerjaan kita sebagai Waka Kurikulum atau sebagai guru sangat terbantu, terutama dalam pengolah atau pembuatan jadwal pelajaran disekolah.

Karena membuat jadwal pelajaran sekolah adalah pekerjaan gampang-gampang sulit, nah oleh karena itu disini saya akan membagikan file yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan tersebut.


gambar di atas adalah tampilan jadwal pelajaran sekolah, anda tinggal menggunakannya dengan cara mengisikan kode guru sesuai dengan jam, hari, dan kelas yang diajar guru tersebut. Kode guru diisikan terlebih dahulu di kolom sebelah jadwal ini, berikut gambarnya.


Anda cuku pengisikan nama, kode, dan mata pelajaran masing-masing guru, dan untuk jumlah jam pada hari senin-sabtu dan jumlah akan terisi secara otomatis yang terkait dengan jadwal pelajaran yang diisikan, dan tabel ini sebagai bagian koreksi jumlah jam guru yang mengajar apakah sudah sesuai SK atau belum, jam kurang, jam lebih dan cukup bisa diperiksa di tabel ini.

Untuk mengetahui jam pelajaran masing-masing GTK yang dimasukkan ke dalam jadwal apakah kurang, cukup, berlebih, dan bertabrakan dengan kelas lain bisa dipantau dengan simbol warna peringatan. berikut ini penjelasan warnanya.



Warna Merah menandakan jam guru tersebut bertabrakan dengan jam yang ada dikelas lain, pada jam yang sama. Warna Kuning menunjukkan jam berlebih dari jam yang ada di SK pembagian tugas mengajar. Warna Hijau menunjukkan guru tersebut jam mengajarnya kurang sesuai SK Pembagian tugas mengajar, sedangkan warna putih menunjukkan jam guru tersebut sesuai dengan SK Pembagian tugas.

File Pembuatan Jadwal tersebut bisa anda unduh disini

Menganalisis Soal dengan mudah, begini caranya


Menganailisis soal merupakan pekerjaan wajib bagi setiap guru, karena untuk mengetahui ketercapaian peserta didik terhadap materi yang sudah diberikan. Mengerjakan analisis soal secara manual kadang membuat jenuh, apalagi harus menganalisis 20 kelas, hehehe...

Berikut ini akan akan saya bagikan file Microsoft Excel yang bisa anda gunakan untuk menganalisi soal-soal ulangan harian, mid semester dan semester. Langsunga aja.. bisa anda unduh secara gratis. Tapi jangan lupa, komentarnya. Like dan share semoga lebih bermanfaat bagi banyak orang.


Untuk menganalisis 50 Soal Unduh disini

Comments

Popular posts from this blog

5 Fungsi Modul Input Output (I/O)

5 Fungsi Modul Input Output (I/O) Modul I/O adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register – register CPU. Dalam mewujudkan hal ini, diperlukan antarmuka internal dengan komputer (CPU dan memori utama) dan antarmuka dengan perangkat eksternalnya untuk menjalankan fungsi-fungsi pengontrolan. Fungsi dalam menjalankan tugas bagi modul I/O dapat dibagi menjadi beberapa katagori, yaitu: • Kontrol dan pewaktuan. • Komunikasi CPU. • Komunikasi perangkat eksternal. • Pem-buffer-an data. • Deteksi kesalahan. 1. Fungsi Kontrol dan Pewaktuan Fungsi kontrol dan pewaktuan (control & timing) merupakan hal yang penting untuk mensinkronkan kerja masing – masing komponen penyusun komputer. Dalam sekali waktu CPU berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat dengan pola tidak menentu dan kecepatan transfer

7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database

Pembahasan saat ini yaitu 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database, arsitektur basis data, basis data, database 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi  Dasar Manajemen Database Pengguna dalam Basis data Pada tingkat pemakai, data base dikelompokkan menjadi beberapa tingkat pemakai yaitu antara lain sebagai berikut : 1. Database Administrator Ialah manusia yang mengorganisasi seluruh sistem basis data. Database administrator imemiliki tanggung jawab penuh dalam manajemen database meliputi: pengaturan hak akses, koordinasi dan monitoring serta bertanggung jawab terhadap kebutuhan hardware dan software. Dalam pekerjaannya biasanya dibantu oleh staf Admin. Database Administrator 2. Database Designer Adalah manusia yang bertugas merancang dan mengembangkan database. database designer bertanggung jawab dalam identifikasi data yang tersimpan dalam database, menentukan struktur data yang tepat untuk disimpan dalam database. Database designer memerlukan

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian, tahapan metode ilmiah, metodologi penelitian, metode ilmiah