Perlukah Judul Artikel Ditulis Dengan Huruf Miring

Penulisan Huruf Miring dan Kaidahnya

Dalam penulisan Penulisan judul artikel, judul syair, judul bab buku, dan judul karangan yang belum diterbitkan berbeda dengan penulisan judul buku, nama majalah, dan nama surat kabar, dalam hal ini judul buku, nama majalah dan nama surat kabar ditulis dengan huruf miring jika digunakan di dalam kalimat.

Contohnya seperti:

  1. Kantornya berlangganan harian Kompas.
  2. Buku Sutan Takdir Alisjahbana yang berjudul Tata bahasa Baru Bahasa Indonesia sudah mengalami cetak ulang ke beberapa kali.
  3. Tulisan Umar Kayam pernah dimuat dalam majalah Tempo.
Kompas, Tata Bahasa Baru Bahasa Indonesia, dan Tempo, ketiga contoh di atas masing –masing merupakan nama surat kabar, judul buku,dan nama majalah. Akan tetapi, bila ditulis dengan tangan atau ketikan, huruf atau kata yang akan dicetak miring tidak perlu dimiringkan, cukup ditandai dengan satu garis di bawahnya saja.

Penulisan Huruf Miring Pada Judul Buku, Bab Buku dan Judul Syair


Sedangkan untuk ,judul buku, bab buku, judul syair dan karangan yang belum di terbitkan oleh penulisnya tidak perlu menggunakan huruf miring. Akan tetapi menggunakan tanda petik sebelum dan sesudahnya. Dengan demikian dalam penulisan judul – judul ini diapit oleh tanda petik. 

Contohnya seperti:

  • Saja “Aku” dikarang oleh Chairil Anwar.
  • Tulisan Sapardi Djoko Damono yang berjudul “Bahasa Indonesia dalam Bacaan Anak – Anak” pernah dimuat di majalah Bahasa dan Sastra.
  • Bacalah “Diksi atau Pilihan Kata” dalam buku Kembara Bahasa Indonesia karangan Anton M. Moeliono.

Penulisan Huruf Miring untuk majalah 

Selain digunakan untuk menulis Nama majalah, nama buku dan nama surat kabar, Huruf miring juga digunakan untuk mengkhususkan atau menegaskan bagian huruf, kata, bagian kata dan kelompok kata. 

Contohnya seperti:

  • Dia harus segera pergi.
  • Huruf t sebagai huruf pertama dalam kata Tuhan harus dituliskan dengan huruf kapital.
  • Akhirat -an pada kata kubangan menyatakan makna “Tempat”
Sekian dari artikel yang berjudul Perlukah Judul Artikel Ditulis Dengan Huruf Miring semoga artikel yang saya buat ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca semua amin!!!! jangan lupa bila ada pertanyaan komen dibawah 🙏🙏🙏🙏🙏🙏!!!.

Tags search : penulisan huruf miring, kaidah penulisan huruf miring, cara menulis huruf miring, metode penulisan huruf miring

Loading...