Metode dalam Penulisan Huruf Kapital

Penulisan Huruf Kapital

Metode yang digunakan dalam Penulisan Huruf Kapital pada umumnya dalam penulisan huruf kapital menggunakan dua Metode antara lain sebagai berikut:

  1. Metode yang dikembangkan oleh Winnen. Yakni dengan menggunakan bentuk huruf A, M, N, dan sebagainya. 
  2. Cara yang kedua mengikuti metode yang dikembangkan oleh Tazelaar, yakni dengan menggunakan huruf kecil yang di perbesarkan contohnya seperti: a, m, dan n.

Peraturan di indonesia

Kedua cara ini di dalam bahasa Indonesia dapat di pergunakan, akan tetapi di dalam dunia pendidikan yang ada di indonesia, khususnya sekolah – sekolah dasar dianjurkan agar menggunakan metode Tazelaar. Hal ini sesuai dengan surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah , Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 094/C/Kep/I.83, Pada tanggal 7 Juli 1983.

Di Luar Negeri


Di beberapa negara - negara Eropa seperti Negara Belanda pada umumnya bentuk huruf yang digunakan mengikuti metode yang dikembangkan oleh Tazelaar. Akan tetapi di Indonesia metode yang dikembangkan Oleh Tazelaar tidak banyak digunakan kecuali dalam bentuk tulisan tangan. Karena berbagai sarana praktis yang tersedia pada umumnya hanya menyediakan huruf – huruf seperti yang telah di kembangkan oleh Winnen maka metode Winnen lebih banyak di gunakan di Indonesia.

Tags search : Metode penulisan huruf kapital, cara menulis huruf kapital, aturan penulisan huruf kapital, penulisan huruf kapital, kaedah penulisan huru kapital

Loading...