Letak, Struktur dan Fungsi Ginjal Pada Sistem Ekskresi Manusia

Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena berperan dalam sistem ekskresi manusia. Baru-baru ini, kita dihebohkan dengan adanya transaksi jual beli ginjal secara ilegal. Meskipun manusia bisa hidup dengan satu ginjal, tetapi hal itu akan sangat berpengaruh pada kehidupannya. Jadi, berpikirlah dua kali sebelum mendonorkan ginjal anda, berapa pun bayarannya. Jangan hanya karena segepok uang anda sengsara seumur hidup.

Ginjal manusia berwarna merah gelap dan berbentuk mirip kacang merah. Panjangnya adalah sekitar 10-13 cm dan lebarnya 5-7,5 cm. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai letak, struktur dan fungsi ginjal.

 Letak ginjal

Ginjal terletak di sebelah kiri dan kanan ruas tulang pinggang di dalam rongga perut. Ginjal berada di bawah diafragma dan dibelakang peritonium, tepatnya di bawah hati pada sisi kanan dan di bawah limpa pada sisi kiri. Letak ginjal kiri lebih tinggi dari pada ginjal kanan, karena di atas ginjal kanan terdapat hati yang menempati sebagian besar ruang di rongga perut.

Struktur ginjal

Ginjal tersusun atas 3 bagian, yaitu korteks, medula dan  pelvis. Korteks atau kulit ginjal merupakan bagian luar ginjal. Sementara itu, bagian sebelah dalamnya disebut medula atau sumsum ginjal. Pelvis merupakan bagian dalam ginjal yang berupa ruang kosong sehingga disebut juga  rongga ginjal. Pada bagian korteks terdapat nefron, nefron merupakan unit fungsional  dan struktural terkecil pada ginjal. Pada satu unit ginjal manusia terdapat sekitar satu juta nefron.
Setiap nefron terdiri atas badan malpighi dan saluran nefron. Badan malpighi mengandung glomerulus yang diselubungi kapsul Bowman. Glomerulus berupa anyaman pembuluh kapiler darah, sedangkan kapsula Bowman berbentuk cawang berdinding tebal  yang mengelilingi glomerulus.
Gelomerulus menghubungkan arteriola aferen (lebar) dengan arteriola eferen (sempit). Oleh karena itu, glomerulus turut berperan mengatur tekanan darah . fungsi utama glomerulus adalah sebagai penyaring/ filtrasi cairan darah. Saluran ginjal terdiri atas kapsula Bowman, tubulus kontortus proksimal, lengkung Henle, dan tubulus kontortus distal.
Pada medula terdapat piramida ginjal dan piala ginjal yang mengandung pembuluh-pembuluh daran yang berfungsi untuk mengumpulkan hasil ekskresi. Pembuluh-pembuluh itu disebut tubulus kontortus kolektivus. Tubulus kontortus kolektivus berhubungan dengan ureter yang bermuara pada kandung kemih.
Kandung kemih berfungsi sebagai tempat penampungan urine sementara. Jika kandung kemih telah mengandung banyak urine, dinding kandung kemih akan tertekan sehingga otot melingkar pada pangkal kandung kemih meregang. Akibatnya, akan timbul rasa ingin buang air kecil. Selanjutnya, urine tersebut akan dikeluarkan melalui uretra.

Letak, Struktur dan Fungsi Ginjal Pada Sistem Ekskresi Manusia

Fungsi ginjal

Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting pada sistem ekskresi manusia. Berikut ini adalah beberapa fungsi ginjal yang wajib kita ketahui :
  1. Menjaga keseimbangan air di dalam tubuh dengan mengatur volume plasma darah dan volume air.
  2. Membuang sisa metabolisme, misalnya urea, asam urat, kreatinin, kreatin, obat-obatan, dan zat lain yang bersifat racun.
  3. Mengatur kandungan elektrolit dengan menyaring zat-zat kimia yang masih berguna bagi tubuh (natrium, pospor, dan kalium) dan mengembalikannya ke saluran peredaran darah.
  4. Menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur ekskresi garam-garam, yaitu membuang garam yang berlebihan dan menahan garam apabila jumlahnya berkurang.
  5. Menjaga asam basa cairan darah dengan mengatur pH plasma darah dan cairan tubuh dengan mengekskresikan urine yang bersifat basa atau mengekskresikan urine yang bersifat asam.
  6. Menghasilkan zat Eritropioetin (EPO) yang merangsang sumsum tulang membuat sel-sel darah merah (eritrosit).
  7. Menghasilkan zat kartisol yang merupakan bentuk aktif vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan kimia dalam tubuh.

Demikianlah penjelasan mengenai letak ginjal, struktur ginjal, dan fungsi ginjal. Kita bisa mengetahui bagamana besarnya peranan ginjal untuk kelangsungan hidup kita. Jadi, berpikirlah berulang kali untuk mendonorkan ginjal anda apalagi untuk orang yang tidak pernah anda kenal, berapa pun mereka membayar anda.  

Tags search : Letak ginjal, struktur ginjal, fungsi ginjal, ginjal manusia ,bagian bagian ginjal ,anatomi ginjal ,bagian ginjal ,posisi ginjal ,fungsi ginjal pada manusia, bagian ginjal ,posisi ginjal ,fungsi ginjal pada manusia 

Loading...