Kenaikan Pangkat dan Penetapan Pensiun Otomatis, serta cek profil pns dengan mudah

Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO), serta cek profil pns dapat dilakukan dengan mudah, sebagaimana profil pns, bkn profil pns, pensiun pns, simpeg, bkn pusat, pastikan data anda benar, cek data pns berdasarkan nama, cek nip pns, cek nip, nip, cek profil pns dapat dilakukan dengan mudah pula.

Kenaikan Pangkat dan Penetapan Pensiun Otomatis


Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO) Diharapkan Dapat Mempermudah Layanan Masyarakat di Papua

Jayapura-Humas BKN, Pemkot Jayapura menjadi role model dalam Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Jayapura yang telah dicanangkan langsung oleh Kepala Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (Kakanreg BKN) IX Jayapura, Paulus Dwi Laksono bersama Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano dan Kepala Taspen Cabang Jayapura Janu Warsito, Senin (9/10/2017).

Kenaikan Pangkat (KP) dan Pensiun menjadi tujuan untuk meningkatkan percepatan layanan kepegawaian utama. Di mana dalam KPO yang dilakukan pada bulan Oktober 2017 diberikan kepada 428 ASN terdiri dari Golongan I, II dan III di lingkungan Pemkot Jayapura dan sebanyak 7 orang ASN yang menerima SK pensiun otomatis. 

Paulus mengakui bahwa Pemkot Jayapura menjadi role model KPO klaim pensiun otomatis pertama kali dilakukan di Provinsi Papua dan Papua Barat. “Terpilihnya Kota Jayapura menjadi role model KPO merupakan suatu penghargaan yang diharapkan pemerintah kota menjadi rujukan role model untuk seluruh kabupaten di tanah Papua,” tambah Paulus.

Lebih lanjut Paulus berharap dengan adanya KPO ini akan lebih memberikan pelayanan kepada ASN dan tidak lagi diperlukan pengurusan secara manual yang membutuhkan waktu yang lama.

Lebih lanjut Paulus berharap dengan adanya KPO ini akan lebih memberikan pelayanan kepada ASN dan tidak lagi diperlukan pengurusan secara manual yang membutuhkan waktu yang lama, banyak tenaga dan lainnya. “Inovasi ini merupakan komitmen BKN untuk terus melakukan terobosan dalam mempermudah serta mengoptimalkan seluruh sistem informasi kepegawaian yang cepat dan akurat dengan bekerja sama melalui seluruh pihak, terutama pihak setiap Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam melakukan rekonsiliasi data ASN melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) yang dimiliki BKN,” tandasnya.

Pada acara yang sama, Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan dukungannya terhadap terlaksananya pelayanan KPO dan PPO secara otomatis ini, karena merupakan langkah maju bagi Pemkot Jayapura sehingga para ASN maupun peserta pensiun lebih cepat dan tidak memakan waktu yang lama. 

Benhur berterima kasih dan memberikan apresiasi atas kerja sama pihak Kanreg IX Jayapura dan PT Taspen Cabang Jayapura melalui pelayanan KPO dan Layanan Klaim Pensiun Otomatis. dey/riz (sumber:bkn.go.id)

Cara Cek Profil PNS

Untuk mengecek profil PNS (Pegawai Negeri Sipil) sekarang dapat dilakukan dengan mudah, memang sedikit ada perubahan dari sebelumnya. Kalau sebelumnya untuk mengecek profil PNS dapat dilakukan di situs resmi milik bkn yang beralamatkan di www.bkn.go.id kemudian pilih profil PNS setelah itu masukkan NIP PNS yang bersangkutan maka akan tampil profil PNS tersebut.

Akan tetapi sekarang fasilitas profil PNS pada situs bkn tersebut sudah dihilangkan, jangan panik! tenang saja. Awalnya saya juga merasa kesulitan untuk menemukan fasilitas tersebut. Sudah pakai aplikasi berbasis android yang dibuat oleh BKN, akan tetapi sekarang aplikasi tersebut sudah tidak bisa lagi.

Sekarang BKN (Badan Kepegawaian Negara), meluncurkan link khusus untuk mengecek profil PNS. Dalam link ini PNS dapat mengetahui profilnya dengan mudah. Berisi update data PNS tersebut dengan jelas, dan juga riwayat kenaikan pangkat yang ada pada PNS tersebut.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengecek profil PNS :
1. Aktifkan program browser anda (Misalnya : Google Chrome)
2. Ketikkan Link :( https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/)
Emonitoring Mandiri (EmonRI)
Emonitoring Mandiri (EmonRI)

3. Ketikkan NIP PNS yang bersangkutan

4. Tekan Enter, maka akan muncul profil PNS tersebut
Profil PNS
Profil PNS

5. Klik Prose KP untuk melihat proses kenaikan pangkat
Kronologi Proses KP (Kenaikan Pangkat)
Kronologi Proses KP (Kenaikan Pangkat)
Dari gambar di atas bisa kita amati, mudahnya proses pengecekan profil PNS dengan menggunakan link yang sudah disediakan oleh BKN. Dan bisa saya simpulkan bahwa proses kenaikan pangkat bagi PNS prosesnya sangatlah cepat, jika persyaratan sudah terpenuhi maka hanya dalam waktu sehari proses berkas kenaikan pangkat dapat diproses.

Bagi anda yang akan mengurus kenaikkan pangkat maka jangan merasa ragu untuk segera mengurus pangkat tersebut. Karena sekarang prosesnya lebih cepat.


Subscribe to receive free email updates: