Mengenal Benua, Negara, dan Asia, serta keadaan alam, penduduk, dan sistem pemerintahannya

Termasuk materi yang penting dan mendasar untuk mengenal Benua, Negara, Asia, dan Eropa serta keadaan alam, penduduk, dan sistem pemerintahannya sehingga dapat menambah wawasan serta dapat besikap dengan bijaksana.



Mengenal Benua, Negara, dan Asia serta keadaan alam, penduduk, dan sistem pemerintahannya


A. Mengenal Benua-Benua

Kamu mungkin sering menggunakan peta, baik peta Indonesia maupun peta dunia. Peta yang kita kenal menunjukkan letak geografis maupun astronomis suatu negara bahkan benua. 

Untuk pembahasan kali ini kita akan mengenal negara-negara yang menempati benua di dunia. Tahukah kamu ada berapa benua yang ada di dunia? Benar, lima benua. Dapatkah kamu menyebutkannya? Untuk mencocokkan jawabanmu, perhatikanlah peta dunia di bawah ini!
Peta Dunia
Peta Dunia

Dari peta globe tersebut kita dapat menunjukkan benua apa saja yang ada di
dunia. Benua-benua tersebut adalah:
  1. Benua Asia yang terbagi menjadi lima kawasan yaitu: Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Asia tengah, dan Asia Barat. 
  2. Benua Eropa yang terbagi menjadi lima kawasan yaitu: Eropa Barat, Eropa Utara, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Tengah. 
  3. Benua Afrika yang juga terbagi menjadi lima kawasan yaitu: Afrika Barat, Afrika Timur, Afrika Selatan, Afrika Timur, dan Afrika Utara. 
  4. Benua Amerika terbagi menjadi empat kawasan yaitu: Amerika Tengah, Amerika Selatan, Amerika Utara, dan Kepulauan Karibia. 
  5. Benua Australia.

Selain nama benua, pada peta tersebut terdapat pula nama-nama samudra, yaitu:
  1. Samudra Hindia 
  2. Samudra Pasifik, yang terbagi menjadi Samudra Pasifik utara dan Samudra Pasifik Selatan. 
  3. Samudra Atlantik, terbagi menjadi Samudra Atlantik Utara dan Samudra Atlantik Selatan. 
  4. Samudra Arktik

B. Negara-Negara yang Menghuni Masing-Masing Benua

1. Benua Asia

Perhatikanlah letak Benua Asia pada peta dunia tersebut! Di situ terlihat bahwa Benua Asia merupakan benua yang terluas di dunia. Secara astronomis Benua Asia terletak antara 110 LS sampai 770 LU dan 260 BT sampai 1690 BB. Negara-negara yang ada di Benua Asia menempati beberapa kawasan yang berbeda yang terbagi menjadi:
asia selatan
asia barat
asia tengah
asia tenggara
asia timur

Perhatikanlah baik-baik letak semua negara yang ada di kawasan Asia! Dapatkah kamu menemukannya satu-persatu?  Untuk pembahasan kali ini kita hanya membahas beberapa negara besar saja yang ada di Benua Asia, yaitu India, Jepang, dan Cina.

a. India


1) Keadaan Alam

India terletak di kawasan Asia Selatan dan mempunyai luas wilayah kurang lebih 3.287.596 km2. India bagian utara merupakan pegunungan, yaitu Pegunungan Himalaya yang puncak tertingginya bernama Mount Everest dengan tingginya mencapai 8.888 meter. 

Pegunungan Himalaya dengan puncaknya Mount Everest merupakan gunung tertinggi di dunia. Di bagian tengah terdapat dataran tinggi bernama Dataran Tinggi Dekkan. Di antara Dataran Tinggi Dekkan dan Pegunungan Himalaya terdapat Dataran Rendah Hindustan dan Dataran Tinggi Assam
yang subur. 
Bendera India
Bendera India

Di dataran rendah itu terdapat Sungai Gangga dan Sungai Brahmaputra yang dianggap suci oleh para pemeluk agama Hindu di India. Kedua sungai tersebut bermuara ke Teluk Benggala.

2.)Keadaan Penduduk

India merupakan negara dengan jumlah penduduk terpadat kedua di dunia setelah Cina. Penduduk asli India adalah bangsa Indo Arya dan Dravida. Sebagian
besar penduduknya menganut agama Hindu, sisanya menganut agama Islam, Buddha, dan Kristen.

3) Bentuk Pemerintahan

Bentuk negara India adalah Republik.Kepala negaranya adalah seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Ibukota India adalah New Delhi. Mata uang India adalah Rupee, dan bahasa resminya adalah Bahasa Hindi. Lagu kebangsaan India adalah Jana Gana Mana (Pikiran Bagian Besar Rakyat).

b. Jepang


1) Keadaan Alam

Negara Jepang terletak di kawasan Asia Timur. Luas wilayah Jepang kurang lebih 377.837 km2. Jepang merupakan negara kepulauan yang terdiri atas banyak pulau kecil dan beberapa pulau besar. 

Pulau-pulau yang terdapat di Jepang di antaranya Pulau Sikoku, Pulau Hokaido, Pulau Kyusu, Pulau Honshu, dan Kepulauan Ryukyu. Kepulauan Jepang pada umumnya berbukit-bukit dan wilayah datarannya sempit. 
Bendera Jepang
Bendera Jepang

Gunung yang terdapat di Jepang adalah Gunung Fuji. Gunung Fuji merupakan gunung yang dianggap keramat oleh penduduk Jepang. Gunung Fuji terletak di Pulau Honshu.

Jepang merupakan contoh negara di Asia yang paling berhasil melaksanakan modernisasi. Meski hanya memiliki lahan pertanian yang sempit, tapi berhasil menerapkan teknologi tinggi dalam pertanian. Hasil pertanian Jepang antara lain beras, gandum, sayuran, dan buahbuahan.

2) Keadaan Penduduk

Jepang beriklim subtropis hingga sedang. Penduduk asli Jepang adalah suku Ainu. Sebagian besar penduduknya menganut agama Shinto (memuja arwah nenek moyang). Selain itu ada juga yang menganut agama Islam, Buddha dan Kristen.

3) Bentuk Pemerintahan

Ibu Kota Jepang adalah Tokyo. Bentuk negara Jepang adalah kerajaan (kekaisaran). Kepala negara dipimpin oleh seorang kaisar. Kepala pemerintahannnya adalah perdana menteri. Lagu kebangsaan Jepang adalah Kimigayo (Pemerintah Kaisar Kami). Mata uangnya adalah Yen.

c. Republik Rakyat Cina


1) Keadaan alam

Negara Cina memiliki luas wilayah sekitar 9.596.961 km2. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan. Pegunungan yang terdapat di Cina adalah Pegunungan Kwan Lun dan Pegunungan Himalaya. 

Di pegunungan bagian selatan terdapat dataran tinggi yang disebut Dataran Tinggi Yunan. Di sebelah timur terdapat dataran rendah yang cukup luas dan di daerah ini mengalir Sungai Kuning (Sungai Hwang Ho). 
Wilayah dan Bendera China
Wilayah dan Bendera China

Selain Sungai Kuning, ada juga Sungai Mekhong, Sungai Yangtse, dan Sungai Si Kiang. Daerah di sekitar lembah sungai tersebut tanahnya sangat subur. Cina memiliki tiga musim berbeda di masing-masing wilayah. 

Wilayah Cina bagian utara beriklim subtropis, bagian selatan beriklim tropis dan di bagian pantai beriklim musim. Mata pencaharian penduduk Cina adalah dalam bidang pertanian, perindustrian, pertambangan, dan perdagangan. 

Pertanian merupakan mata pencaharian utama penduduk Cina, dengan hasil pertaniannya adalah padi, jagung, gandum, teh, kapas, dan tebu. Selain itu, Cina juga merupakan negara peternak ulat sutera dan penghasil bahan baku sutera terbaik di dunia.

2) Keadaan Penduduk

Cina merupakan negara dengan penduduk terpadat nomor satu di dunia. Pada tahun 2002 jumlah penduduknya mencapai 1.273.111.290 jiwa. Sebagian besar penduduk Cina adalah suku Han, sisanya suku Mongol, Manchu, Korea, dan Turki. Penduduknya menganut ajaran Kong Hu Cu.

3) Bentuk Pemerintahan

Ibu kota Cina adalah Beijing. Bentuk negaranya adalah Republik. Kepala negaranya adalah seorang presiden dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Bahasa resminya adalah Bahasa Mandarin dan mata uangnya adalah Yuan. Lagu kebangsaan Cina adalah I Yung Chin Hsing Ch'u (Mars Sukarelawan (Timur adalah Merah)).

Subscribe to receive free email updates: