Skip to main content

Contoh Surat Lamaran Kerja dan OSIS

Contoh Surat Lamaran Kerja dan OSIS

Surat merupakan salah satu cara mengkomunikasikan keadaan atau kondisi diri kita pada orang lain atau lembaga secara tertulis. Menulis surat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang membutuhkan keterampilan menggunakan bahasa tulis. Pada pelajaran kali ini kamu akan belajar menulis surat lamaran dan surat dinas.

Surat lamaran pekerjaan merupakan surat permohonan untuk memperoleh suatu pekerjaan atau jabatan yang dibuat berdasarkan iklan, pengumuman, bahkan sampai inisiatif sendiri. Berdasarkan substansinya, surat lamaran berisi informasi tentang identitas pelamar, kemampuan dan keterampilan yang dimiliki pelamar, beberapa hal yang mendukung atas sebuah pekerjaan yang diinginkan pelamar, misalnya pengalaman ilmiah, kerja, sosialisasi, kemasyarakatan, dan banyak lagi pengalaman yang lain. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat lamaran adalah sampaikan surat lamaran dalam bahasa yang singkat dan jelas serta upayakan surat lamaran bersih dan rapi, meskipun harus ditulis dengan tangan. Perhatikan contoh penulisan surat lamaran berikut.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan


Malang, 5 Mei 2016

Hal           : Permohonan pekerjaan
Lampiran : 6 Berkas

Kepada,
Yth. Manager HRD Mitra Farmasi
Jalan Raya Tidar 543
Surabaya - 600132

Dengan hormat,
Berdasarkan iklan yang dimuat dalam harian Surya edisi Sabtu, 3 Mei 2008
yang menginformasikan bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin membutuhkan tenaga medical representatif untuk ditempatkan di wilayah Malang. 

Sehubungan dengan info dalam iklan tersebut, saya sebagai sarjana kimia dan juga berdomisili di kota Malang memberanikan diri untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama surat lamaran ini saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut.

1. Daftar riwayat hidup
2. Fotokopi KTP (1 lembar)
3. Fotokopi SIM A/C (1 lembar)
4. Pasfoto berwarna 4 X 6 (1 lembar)
5. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir (1 lembar)
6. Fotokopi referensi kerja

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya untuk bisa bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya



Lanang Nugrahadi, S.Si

Berbeda dengan surat lamaran pekerjaan, yang ditulis atas nama pribadi pada sebuah lembaga atau instansi, surat dinas merupakan surat yang dikeluarkan atau dikirimkan oleh lembaga atau instansi, baik swasta maupun pemerintahan. 

Secara definitif surat dinas diartikan sebagai salah satu surat yang isinya ditujukan untuk kepentingan kedinasan. Surat dinas juga sering disebut surat jawatan karena surat dinas umumnya dikeluarkan oleh jawatan atau kantor-kantor pemerintahan.

Sebagai bagian dari surat resmi, surat dinas ditulis dengan format yang baku dengan menggunakan bahasa yang resmi (Silmi, 2002).

Contoh Surat Undangan Rapat OSIS

OSIS SMA NEGERI 2 CARUBAN
Jl. Raya Caruban No. 10 Caruban Madiun
Telepon (0351)5671821-5672332. Fax. (0351)6676543
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

                                                                                                            Madiun, 8 Mei 2008

Nomor     : 02/OSIS/05/2016
Lampiran : -
Hal           : Studi Banding

Kepada
Yth. Saudara Bambang Dwi Kuntoro
Anggota Kepanitiaan Widyawisata
SMA Negeri 2 Caruban Madiun

Dengan hormat.
Dengan ini kami mengharap kehadiran Saudara dalam rapat kerja yang akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Jum'at, 13 Mei 2016
Jam              : 13.00 WIB
Tempat         : Ruang OSIS
Acara           : Meninjaklanjuti hasil kerja tiap seksi

Mengingat pentingnya rapat tersebut, kami mengharapkan kehadiran Saudara tepat pada waktunya. Demikian informasi ini kami beritahukan atas perhatian Saudara kami ucapkan terimakasih.

                                                                                                        Hormat kami



                                                                                                        Andriansyah Wirawan
                                                                                                        Ketua Panitia


Tembusan:
Ketua OSIS SMAN 2 Caruban

Comments

Popular posts from this blog

5 Fungsi Modul Input Output (I/O)

5 Fungsi Modul Input Output (I/O) Modul I/O adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register – register CPU. Dalam mewujudkan hal ini, diperlukan antarmuka internal dengan komputer (CPU dan memori utama) dan antarmuka dengan perangkat eksternalnya untuk menjalankan fungsi-fungsi pengontrolan. Fungsi dalam menjalankan tugas bagi modul I/O dapat dibagi menjadi beberapa katagori, yaitu: • Kontrol dan pewaktuan. • Komunikasi CPU. • Komunikasi perangkat eksternal. • Pem-buffer-an data. • Deteksi kesalahan. 1. Fungsi Kontrol dan Pewaktuan Fungsi kontrol dan pewaktuan (control & timing) merupakan hal yang penting untuk mensinkronkan kerja masing – masing komponen penyusun komputer. Dalam sekali waktu CPU berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat dengan pola tidak menentu dan kecepatan transfer

7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database

Pembahasan saat ini yaitu 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database, arsitektur basis data, basis data, database 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi  Dasar Manajemen Database Pengguna dalam Basis data Pada tingkat pemakai, data base dikelompokkan menjadi beberapa tingkat pemakai yaitu antara lain sebagai berikut : 1. Database Administrator Ialah manusia yang mengorganisasi seluruh sistem basis data. Database administrator imemiliki tanggung jawab penuh dalam manajemen database meliputi: pengaturan hak akses, koordinasi dan monitoring serta bertanggung jawab terhadap kebutuhan hardware dan software. Dalam pekerjaannya biasanya dibantu oleh staf Admin. Database Administrator 2. Database Designer Adalah manusia yang bertugas merancang dan mengembangkan database. database designer bertanggung jawab dalam identifikasi data yang tersimpan dalam database, menentukan struktur data yang tepat untuk disimpan dalam database. Database designer memerlukan

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian, tahapan metode ilmiah, metodologi penelitian, metode ilmiah