Contoh Makalah Ujian Penyesuaian Ijazah dan Presentasi Peningkatan Pendidikan

Contoh Makalah Ujian Penyesuaian Ijazah
dan Presentasi Peningkatan Pendidikan


PENINGKATAN PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI
DALAM MENDUKUNG 
PENINGKATAN PELAYANAN KEPEGAWAIAN

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan cyber telah mengubah pola dan tata hubungan antar masyarakat maupun antara masyarakat dengan pemerintah.  Pada era informasi sekarang ini penerapan teknologi informasi telah pula wajib dilakukan di instansi pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, pemerintah juga dituntut untuk melakukan reformasi dalam penyelenggaraan pemerintahannya, termasuk dalam pelayanan kepada publik, yang berbasis teknologi informasi tersebut. 

Dalam konteks di atas, beberapa tahun terakhir ini pemerintah telah memanfaatkan kemajuan teknologi dalam berbagai aktifitasnya, di antaranya dalam pelayanan publik berbasis teknologi informasi. Di Indonesia teknologi informasi telah mendapat perhatian Pemerintah melalui penerapan electric-government (e-government) dan telah memperoleh komitmen atau dukungan yang kuat melalui Instruksi Presiden R.I Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government.  
Penyesuaian Ijazah

Terkait dengan pembangunan sebuah Sitem Informasi Manajemen (SIM) di Indonesia, pada hakekatnya pernah dicetuskan pada awal dekade 1990-an. Dalam Tap MPR RI Nomor II/MPR/1993 tentang GBHN, diamanatkan pentingnya pengembangan sistem informasi dalam berbagai sektor yang sejalan dengan upaya untuk terus meningkatkan terciptanya jaringan informasi yang andal, efisien serta mampu mendukung.

industrialisasi dan upaya pemerataan pembangunan. Selanjutnya, dalam dokumen Repelita disebutkan sistem informasi menjadi acuan realisasi teknologi yang digunakan. Pengertian sistem informasi yang digunakan dalam konteks ini adalah (Kementrian Kominfo, 2003 : 95)

”suatu kesatuan tatanan yang terdiri atas organisasi, manajemen, teknologi, himpuanan data, dan sumber daya manusia yang mampu menghasikan dan menyampaikan informasi secara cepat, tepat, lengkap dan akurat untuk mendukung berbagai upaya dalam mewujudkan sasaran yang dikehendaki”.
Untuk merealisasikan program tersebut, konsep sistem informasi nasional  dikristalisasikan dalam konsep SIMNAS (Sistem Informasi Manajemen Nasional). Titik berat SIMNAS yang dibangun adalah sistem berbasis kebutuhan manajemen, sehingga konsep yang diangkat adalah pada pembuatan aplikasi MIS (Management Information System) Nasional. Aplikasi ini banyak dibangun di lingkungan pemerintahan dalam negeri, termasuk di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten/kota.(Sumber : www.bkn.go.id)

Visi yang ingin diraih dengan menggelar konsep Sistem Informasi Nasional adalah: ”terwujudnya masyarakat berbudaya informasi menuju bangsa yang mandiri, demokratis, dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia”  (Kementrian Kominfo, 2003 : 102).

Untuk lebih lengkapnya Unduh contoh makalah-makalahnya di bawah ini :

Subscribe to receive free email updates: