Skip to main content

8 Tahapan Menulis Resensi Buku Pengetahuan

8 Tahapan Menulis Resensi Buku Pengetahuan, resensi buku pengetahuan, cara meresensi buku, meresensi buku, cara resensi buku, meresensi buku pengetahuan, langkah langkah meresensi buku, contoh meresensi buku pengetahuan, meresensi buku ilmu pengetahuan, contoh resensi buku ilmu pengetahuan, langkah langkah menulis resensi, resensi buku ilmu pengetahuan.

8 Tahapan Menulis Resensi Buku Pengetahuan



Kemampuan dan keterampilan menulis resensi sebaiknya dimiliki setiap siswa. Kemampuan dan keterampilan itu dapat dimiliki melalui latihan yang serius dan intensif. Pada kegiatan belajar ini kamu akan berlatih membaca buku pengetahuan secara saksama, mengidentifikasi intisari isinya, mengidentifikasi format penyajiannya, mengidentifikasi penggunaan bahasanya, mempertimbangkan manfaatnya, mengulas dan menilai semua aspek yang ada, dan menuangkan hasilnya dalam bentuk tulisan.

Resensi buku berarti ulasan atau bahasan mengenai buku, baik dari segi substansi buku maupun kepenulisan (hubungan dengan kepengarangan). Secara umum resensi buku berisi tentang substansi buku secara keseluruhan, penggunaan bahasa dalam kepenulisan, kelebihan dan kelemahan buku, dan kesimpulan buku tersebut serta identitas buku yang diresensi.

Membaca dan memahami substansi buku mutlak dilakukan seorang peresensi. Selain membaca, tugas utama penulis resensi adalah memberi sugesti kepada para pembaca apakah sebuah buku patut dibaca atau tidak. Ia harus melakukan dasar-dasar bagi pendapatnya itu, serta kriteria-kriteria yang diperjualbelikan untuk membentuk pendapatnya (Komposisi, 2001).
Beberapa hal yang bisa diresensi adalah (i) buku, baik fiksi maupun nonfiksi, (ii) pertunjukan, baik drama, wayang kulit, kethoprak, film, (iii) pameran, seperti pameran lukisan, desain iklan, foto, produk industri, (iv) patung, (v) lukisan, dan sebagainya. Kegiatan meresensi ialah kegiatan menilai dan atau menimbang yang terkait dengan kualitas isi dan penyajiannya.
Merensi buku Pengetahuan
Untuk menulis resensi, misalnya sebuah buku pengetahuan, seseorang harus melakukan tahapan sebagai berikut.

(1) Membaca buku pengetahuan secara saksama.

(2) Mengidentifikasi intisari isinya.

(3) Menyusun rangkuman atau ringkasannya.

(4) Mengidentifikasi format dan gaya penyajiannya.

(5) Mengidentifikasi penggunaan bahasanya.

(6) Mempertimbangkan manfaatnya.

(7) Mengulas dan atau menilai semua aspek yang ada 

dan menyimpulkannya.

(8) Menuangkan hasilnya dalam bentuk tulisan (Keraf, 2003)


Dalam menuangkan hasilnya dalam bentuk tulisan, penulis resensi sebaiknya juga menyampaikan sugesti kepada para pembaca mengenai kualitas isi dan penyajiannya. Misalnya pada poin berikut.
(1) Berkualitas atau tidak berkualitasnya.
(2) Menarik atau tidak menariknya.
(3) Bermanfaat atau tidak bermanfaatnya.
(4) Aktual atau tidak aktualnya, dan masih banyak lagi yang lain.
Pada dasarnya, penulis resensi harus dapat meyakinkan pembaca mengenai kualitas isi dan penyajian buku pengetahuan itu. Silahkan baca juga : Rangkuman Serta Refleksi Materi

Comments

Popular posts from this blog

5 Fungsi Modul Input Output (I/O)

5 Fungsi Modul Input Output (I/O) Modul I/O adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register – register CPU. Dalam mewujudkan hal ini, diperlukan antarmuka internal dengan komputer (CPU dan memori utama) dan antarmuka dengan perangkat eksternalnya untuk menjalankan fungsi-fungsi pengontrolan. Fungsi dalam menjalankan tugas bagi modul I/O dapat dibagi menjadi beberapa katagori, yaitu: • Kontrol dan pewaktuan. • Komunikasi CPU. • Komunikasi perangkat eksternal. • Pem-buffer-an data. • Deteksi kesalahan. 1. Fungsi Kontrol dan Pewaktuan Fungsi kontrol dan pewaktuan (control & timing) merupakan hal yang penting untuk mensinkronkan kerja masing – masing komponen penyusun komputer. Dalam sekali waktu CPU berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat dengan pola tidak menentu dan kecepatan transfer

7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database

Pembahasan saat ini yaitu 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database, arsitektur basis data, basis data, database 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi  Dasar Manajemen Database Pengguna dalam Basis data Pada tingkat pemakai, data base dikelompokkan menjadi beberapa tingkat pemakai yaitu antara lain sebagai berikut : 1. Database Administrator Ialah manusia yang mengorganisasi seluruh sistem basis data. Database administrator imemiliki tanggung jawab penuh dalam manajemen database meliputi: pengaturan hak akses, koordinasi dan monitoring serta bertanggung jawab terhadap kebutuhan hardware dan software. Dalam pekerjaannya biasanya dibantu oleh staf Admin. Database Administrator 2. Database Designer Adalah manusia yang bertugas merancang dan mengembangkan database. database designer bertanggung jawab dalam identifikasi data yang tersimpan dalam database, menentukan struktur data yang tepat untuk disimpan dalam database. Database designer memerlukan

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian, tahapan metode ilmiah, metodologi penelitian, metode ilmiah