5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian, tahapan metode ilmiah, metodologi penelitian, metode ilmiah

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian


Sebuah proposal penelitian disusun atas beberapa komponen. Setiap komponen memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda. Berikut adalah komponen yang ada dalam proposal penelitian.

1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan terdiri dari beberapa hal berikut ini 
  • Latar Belakang
Latar belakang masalah biasanya berisi tulisan tentang hal-hal yang terkait dengan arti pentingnya suatu penelitian diadakan. Penulis tentu memiliki alasan mengapa ia tertarik untuk melakukan suatu penelitian.
  • Perumusan Masalah
Perumusan masalah merupakan pernyataan tentang problematika apa yang akan diteliti. Perumusan
masalah mengarahkan kegiatankegiatan penelitian selanjutnya.
  • Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian merupakan pernyataan tentang target hasil penelitian. Target hasil penelitian ini harus disesuaikan dengan rumusan masalah yang telah ditentukan.
  • Manfaat Hasil Penelitian
Manfaat penelitian berupa hal-hal yang diharapkan diperoleh bagi pihak-pihak tertentu sehubungan dengan hasil penelitian yang akan dilakukan.
  • Definisi Istilah
Definisi istilah berisi tulisan yang menerangkan setiap istilah penting yang ada di dalam penelitian. Selain itu definisi istilah dihadirkan untuk menyamakan persepsi antara peneliti dan pembaca.
Komponen Proposal


2. Kajian Teori

Kajian teori berisi landasan teori yang mengungkapkan berbagai konsep yang terkait dengan permasalahan yang akan diteliti. Bagian ini biasanya berisi berbagai uraian yang menjelaskan berbagai hal yang didasarkan atas pendapat orang lain yang disintesakan sehingga menjadi pendapat penulis.

3. Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan upaya konkret pengolahan data yang dibedakan atas dua bagian, yaitu metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang memanfaatkan angka-angka untuk mengetahui valid tidaknya suatu penelitian. Sedangkan para peneliti kualitatif memanfaatkan kualitas uraian penelitian.
  • Teknik pengumpulan data
Teknik pengumpulan data merupakan cara-cara yang akan ditempuh untuk mendapatkan data. Data yang diperoleh selanjutnya digunakan sebagai bukti untuk mendapatkan kesimpulan setelah dianalisis.
  • Instrumen pengumpulan data
Instrumen pengumpulan data merupakan alat yang digunakan untuk mendapatkan data.
  1. Pada metode penelitian kuantitatif memanfaatkan angket yang disebarkan pada masyarakat. Dalam penelitian dikenal istilah populasi dan sampel. Populasi merupakan seluruh anggota yang menjadi sasaran penelitian sedangkan sampel merupakan perwakilan dari populasi yang akan dijadikan sasaran kegiatan penelitian.
  2. Pada metode penelitian kualitatif memanfaatkan alat-alat pendukung seperti tape recorder dan catatan. Aspek terpenting tetap berada pada kemampuan, kepekaan serta kekritisan peneliti dalam kegiatan penelitian. 
  3. Teknik analisis data Teknik analisis data merupakan cara atau strategi yang akan digunakan untuk mengidentifikasi, mengklasifikasi dan mengkaji data untuk mendapatkan pembuktian. Berdasarkan bukti-bukti ini selanjutnya dilakukan penyimpulan dan akan menjawab rumusan masalah.

4. Hasil Penelitian dan Pembahasan

Hasil penelitian umumnya berupa uraian data yang telah dianalisis berdasarkan poin-poin dalam metode penelitian. Sedangkan pembahasan berisi uraian tentang analisis data yang diungkapkan pada hasil penelitian.

5. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan merupakan pernyataan yang didasarkan atas pembahasan hasil penelitian dan berusaha menjawab rumusan masalah. Kesimpulan harus sesuai dengan rumusan masalah. Berdasarkan kesimpulan ini, penulis menyampaikan saran kepada pihak-pihak terkait. Berdasarkan bukti-bukti inilah, selanjutnya dapat dilakukan penyimpulan yang akan menjawab rumusan masalah yang telah dinyatakan sebelumnya.

Subscribe to receive free email updates: