5 Jenis HTTP Server

5 Jenis HTTP Server

Tidak semua HTTP server bekerja dengan cara yang sama. Ada HTTP server yang hanya menyediakan file statis, ada juga yang menyediakan file dinamis. Selama aplikasi tersebut melayani permintaan sesuai dengan aturan HTTP. Maka dia disebut dengan HTTP Server.

1. Staticlet

Staticlet adalah web server yang tidak begitu populer, kemampuanya terbatas dan hanya bisa melayani pemberian file statis. Tidak bisa dikonfigurasi, dan lebih berguna sebagai portal untuk membuat file sharing satu arah berbasis HTTP.

2. Apache

Apache merupakan salah satu web server yang populer, dilengkapi dengan kemampuan bahasa PHP, CGI (Perl, Python), juga konfigurasi menggunakan file .ht. Apache bisa melakukan tugasnya dengan baik, konfigurasinya juga banyak dan sangat mudah dipelajari.
Apache HTTP Server
Apache HTTP Server

3. Nginx

Nginx adalah salah satu web server yang bekerja dengan cepat. Nginx menggunakan C++, salah satu bahasa yang bekerja dengan cepat.

4. IIS

IIS adalah web server dari Microsoft, kemampunya dalah dia mampu menggunakan dan mengoptimalkan teknologi Microsoft seperti .NET, ASP, WCF, Hyper-V, dll.

5. GlassFish

GlassFish adalah salah satu server yang menggunakan Java sebagai platformnya. Java sendiri merupakan platform independen yang bisa berjalan di berbagai paltform.
Loading...