5 Aspek dalam Struktur Batin Puisi dan Pemahaman Perwajahan serta Makna Puisi

5 Aspek dalam Struktur Batin Puisi dan Pemahaman Perwajahan serta Makna Puisi, unsur batin puisi, unsur unsur puisi, struktur batin puisi, unsur unsur batin puisi, unsur unsur dalam puisi, jelaskan unsur unsur batin puisi, struktur batin, unsur2 puisi, makna puisi, puisi, puisi bahasa indonesia

5 Aspek dalam Struktur Batin Puisi



1. Tema

Tema adalah gagasan pokok yang disampaikan penyair dalam puisinya. Gagasan pokok itu dapat dipahami jika seluruh puisi sudah dibaca, diapresiasi, dan dimaknai, misalnya tentang cinta, kedukaan, kebahagiaan, kerinduan, dan sejenisnya.

2. Perasaan

Seluruh kata dalam puisi digunakan penyair untuk mengekspresikan perasaannya. Perasaan itu bersifat kompleks. Perasaan itu berkenaan dengan simpati, antipati, senang, sedih, benci, rindu, heran, dan sebagainya.
Struktur Batin Puisi dan Perwajahan

3. Nada

Nada adalah sikap penyair terhadap pembaca puisinya. Jadi, apakah ia akan menggurui, menasihati, mengejek, memuja, menyindir, atau sikap yang lain.

4. Suasana

Suasana adalah keadaan jiwa pembaca setelah membaca suatu puisi. Jadi, dengan puisinya penyair bertujuan untuk membangun suasana batin pembacanya.

5. Amanat

Amanat adalah sesuatu yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca. Amanat dapat dipahami oleh pembaca setelah memahami tema, rasa, dan nada puisi. Amanat tidak dinyatakan dengan jelas tetapi tersirat di balik kata-kata dan tema yang diungkapkan penyair melalui puisinya.

Selain unsur-unsur pembangun puisi, pemahaman terhadap perwajahan dan makna puisi juga dibutuhkan.

a. Wujud atau Wajah Puisi

  • Kenali dan cermati tipografinya, yaitu perwujudan bait dan barisnya serta cermati pula adanya pemenggalan struktur karena adanya pergantian baris.
  • Kenali dan cermati kata demi kata atau diksinya; bukan hanya huruf-huruf yang membentuknya melainkan juga pelafalannya.
  • Kenali dan cermati berbagai majas yang dimanfaatkan; karena majas harus dibaca sebagai satu kesatuan, kamu harus tahu batas awal dan akhirnya.
  • Kenali dan cermati jenis dan letak rimanya, termasuk pengulangan bunyi pada setiap kata (asonansi) yang dimanfaatkan.

b. Makna Puisi

  • Kenali dan pahami temanya agar kamu dapat menentukan perasaan yang terkandung di dalam puisi yang bersangkutan (riang, sedih, haru, marah, dan sebagainya). 
  • Kenali dan pahami perasaan yang ingin dibangun (riang, sedih, haru, marah, dan sebagainya). 
  • Kenali dan pahami nada yang dibangun penulis (menggurui, menasihati, mengejek, memuja, menyindir, dan sebagainya). 
  • Secara keseluruhan kenali dan pahami suasana dan amanatnya melalui pengenalan tema, perasaan, dan nada tersebut.
Silahkan baca juga link terkait : 4 Aspek dalam Struktur Fisik Puisi

    Subscribe to receive free email updates: