Skip to main content

5 Aspek dalam Struktur Batin Puisi dan Pemahaman Perwajahan serta Makna Puisi

5 Aspek dalam Struktur Batin Puisi dan Pemahaman Perwajahan serta Makna Puisi, unsur batin puisi, unsur unsur puisi, struktur batin puisi, unsur unsur batin puisi, unsur unsur dalam puisi, jelaskan unsur unsur batin puisi, struktur batin, unsur2 puisi, makna puisi, puisi, puisi bahasa indonesia

5 Aspek dalam Struktur Batin Puisi



1. Tema

Tema adalah gagasan pokok yang disampaikan penyair dalam puisinya. Gagasan pokok itu dapat dipahami jika seluruh puisi sudah dibaca, diapresiasi, dan dimaknai, misalnya tentang cinta, kedukaan, kebahagiaan, kerinduan, dan sejenisnya.

2. Perasaan

Seluruh kata dalam puisi digunakan penyair untuk mengekspresikan perasaannya. Perasaan itu bersifat kompleks. Perasaan itu berkenaan dengan simpati, antipati, senang, sedih, benci, rindu, heran, dan sebagainya.
Struktur Batin Puisi dan Perwajahan

3. Nada

Nada adalah sikap penyair terhadap pembaca puisinya. Jadi, apakah ia akan menggurui, menasihati, mengejek, memuja, menyindir, atau sikap yang lain.

4. Suasana

Suasana adalah keadaan jiwa pembaca setelah membaca suatu puisi. Jadi, dengan puisinya penyair bertujuan untuk membangun suasana batin pembacanya.

5. Amanat

Amanat adalah sesuatu yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca. Amanat dapat dipahami oleh pembaca setelah memahami tema, rasa, dan nada puisi. Amanat tidak dinyatakan dengan jelas tetapi tersirat di balik kata-kata dan tema yang diungkapkan penyair melalui puisinya.

Selain unsur-unsur pembangun puisi, pemahaman terhadap perwajahan dan makna puisi juga dibutuhkan.

a. Wujud atau Wajah Puisi

  • Kenali dan cermati tipografinya, yaitu perwujudan bait dan barisnya serta cermati pula adanya pemenggalan struktur karena adanya pergantian baris.
  • Kenali dan cermati kata demi kata atau diksinya; bukan hanya huruf-huruf yang membentuknya melainkan juga pelafalannya.
  • Kenali dan cermati berbagai majas yang dimanfaatkan; karena majas harus dibaca sebagai satu kesatuan, kamu harus tahu batas awal dan akhirnya.
  • Kenali dan cermati jenis dan letak rimanya, termasuk pengulangan bunyi pada setiap kata (asonansi) yang dimanfaatkan.

b. Makna Puisi

  • Kenali dan pahami temanya agar kamu dapat menentukan perasaan yang terkandung di dalam puisi yang bersangkutan (riang, sedih, haru, marah, dan sebagainya). 
  • Kenali dan pahami perasaan yang ingin dibangun (riang, sedih, haru, marah, dan sebagainya). 
  • Kenali dan pahami nada yang dibangun penulis (menggurui, menasihati, mengejek, memuja, menyindir, dan sebagainya). 
  • Secara keseluruhan kenali dan pahami suasana dan amanatnya melalui pengenalan tema, perasaan, dan nada tersebut.
Silahkan baca juga link terkait : 4 Aspek dalam Struktur Fisik Puisi

Comments

Popular posts from this blog

5 Fungsi Modul Input Output (I/O)

5 Fungsi Modul Input Output (I/O) Modul I/O adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register – register CPU. Dalam mewujudkan hal ini, diperlukan antarmuka internal dengan komputer (CPU dan memori utama) dan antarmuka dengan perangkat eksternalnya untuk menjalankan fungsi-fungsi pengontrolan. Fungsi dalam menjalankan tugas bagi modul I/O dapat dibagi menjadi beberapa katagori, yaitu: • Kontrol dan pewaktuan. • Komunikasi CPU. • Komunikasi perangkat eksternal. • Pem-buffer-an data. • Deteksi kesalahan. 1. Fungsi Kontrol dan Pewaktuan Fungsi kontrol dan pewaktuan (control & timing) merupakan hal yang penting untuk mensinkronkan kerja masing – masing komponen penyusun komputer. Dalam sekali waktu CPU berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat dengan pola tidak menentu dan kecepatan transfer

7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database

Pembahasan saat ini yaitu 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database, arsitektur basis data, basis data, database 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi  Dasar Manajemen Database Pengguna dalam Basis data Pada tingkat pemakai, data base dikelompokkan menjadi beberapa tingkat pemakai yaitu antara lain sebagai berikut : 1. Database Administrator Ialah manusia yang mengorganisasi seluruh sistem basis data. Database administrator imemiliki tanggung jawab penuh dalam manajemen database meliputi: pengaturan hak akses, koordinasi dan monitoring serta bertanggung jawab terhadap kebutuhan hardware dan software. Dalam pekerjaannya biasanya dibantu oleh staf Admin. Database Administrator 2. Database Designer Adalah manusia yang bertugas merancang dan mengembangkan database. database designer bertanggung jawab dalam identifikasi data yang tersimpan dalam database, menentukan struktur data yang tepat untuk disimpan dalam database. Database designer memerlukan

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian, tahapan metode ilmiah, metodologi penelitian, metode ilmiah