Sejarah dan Cara Kerja Web, (Standard Web, Pengertian WWW)

Sejarah dan Cara Kerja Web, Standard Web, Pengertian WWW


Sejarah dan Cara Kerja Web, 

Standard Web, Pengertian WWW


Sejarah Web


Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung. Tidak ada perusahaan yang memiliki internet, yang merupakan upaya kerja sama diatur oleh sistem standar dan aturan. Tujuan dari menghubungkan komputer bersama-sama, tentu saja, adalah untuk berbagi informasi. Ada banyak cara informasi dapat dikirimkan antar komputer, termasuk email, transfer file (File Transfer Protocol), dan banyak layanan yang lebih khusus yang dibangun dalam layanan Internet. Metode ini standar untuk mentransfer data atau dokumen melalui jaringan dikenal sebagai protokol.

World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut URL (Uniform Resource Locator) untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.

WWW merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
World Wide Web adalah koleksi besar file elektronik yang tersimpan di jutaan komputer di seluruh dunia. Hypertext link file-file ini bersama-sama. Uniform Resource Locators atau URL adalah alamat yang digunakan untuk menemukan file. 

Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).

Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.

Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hyperlink), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN : Organisation Europeenne pour la Recherche Nucleaire), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

Standard Web

Banyak standar formal dan spesifikasi teknis lainnya dan perangkat lunak mendefinisikan operasi dari aspek yang berbeda dari World Wide Web, Internet, dan pertukaran informasi komputer. Banyak dokumen adalah karya dari World Wide Web Consortium ( W3C ), dipimpin oleh Berners - Lee, namun ada juga yang diproduksi oleh Internet Engineering Task Force ( IETF ) dan organisasi lainnya. Biasanya, ketika standar web dibahas, publikasi berikut ini dilihat sebagai dasar :

- Rekomendasi untuk bahasa markup, terutama HTML dan XHTML, dari W3C. 
  Ini menentukan struktur dan interpretasi dokumen hypertext
- Rekomendasi untuk stylesheet, terutama CSS, dari W3C.
- Standar ECMA Script (biasanya dalam bentuk JavaScript ), dari ECMA International
- Rekomendasi untuk Document Object Model, dari W3C
.
. HTML 4.0 diperkenalkan oleh World Wide Web Consortium (W3C) pada Desember 1997, yang antara lain menyertakan fitur CSS (Cascading Style Sheets), yang mendukung pembuatan aplikasi yang dinamis. Tahun 1999 muncul HTML 4.1. Setelah kemunculan HTML 4.1, XHTML 1 lahir. Secara prinsip spesifikasi pada XHTML sama seperti pada HTML 4.01. Hal yang membedakan adalah sintaks bahasanya. XHTML menerapkan aturan yang lebih ketat daripada HTML, yakni mengharuskan pembuat dokumen harus mengikuti aturan XML (eXtended Markup Language). Selain itu, dalam penulisan dokumen semua tag dan atribut dalam dokumen harus ditulis dengan menggunakan huruf kecil, sementara pada HTML, tag dan atribut boleh ditulis dengan huruf capital, huruf kecil, ataupun kombinasi. XHTML 1.0 diteruskan dengan XHTML 2.0. Namun, versi yang terbaru ini kurang mendapat tanggapan dari para vendor.

Bagaiman halnya dengan HTML5? HTML5 (angka 5 dan HTML tidak dipisahkan oleh spasi) dikembangkan oleh badan lain yaitu WHATMG (Web Hypertext Application Technology Working Group). Spesifikasi HTML5 belum final saat ini, tetapi diyakini oleh banyak orang akan menjadi standar yang diterima di masa depan. Walaupun belum final, HTML5 telah menebar pesona. Beberapa browser (lihat Tabel 1.1) sudah mendukung HTML5.

Pada HTML, kekangan dalam menuliskan tag dan atribut dengan huruf kecil tidak ada lagi. mempunyai kebebasan untuk menggunakan huruf kecil, huruf capital, atau kombinasinya. Bahkan, nilai suatu atribut mau diberi tanda petik atau tidak sama saja. Browser tidak lagi mempedulikan hal-hal seperti itu.

Cara Kerja Web

Sebuah web browser adalah program perangkat lunak yang gunakan untuk mengakses World Wide Web dari Internet. Browser pertama, yang disebut NCSA Mosaic, dikembangkan di Pusat Nasional untuk Aplikasi Super Komputer di awal 1990-an. Yang mudah digunakan, cukup klak-klik sehingga membantu mempopulerkan Web.

Meskipun banyak browser yang berbeda yang tersedia, Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox yang jauh yang paling populer. (Banyak pengguna Mac lebih memilih browser Safar) Persaingan untuk mendominasi pasar telah membawa perbaikan terus-menerus untuk perangkat lunak. (keduanya didasarkan pada NCSA Mosaic) dapat mendownload Internet Explorer dan Firefox secara gratis dari situs web masing-masing perusahaan. Jika sudah memiliki satu browser, dapat menguji yang lain. Juga mencatat bahwa ada sedikit perbedaan antara versi Windows dan Macintosh.

Tahapan-Tahapan Web Bekerja

➊ Meminta halaman web dengan baik mengetik URL-nya ( misalnya, http:// jenskitchensite.com ) langsung di browser atau dengan mengklik pada link pada halaman. URL yang berisi semua informasi yang diperlukan untuk menargetkan sebuah dokumen tertentu pada server web tertentu di Internet.
➋ Browser mengirimkan Permintaan HTTP ke server yang disebutkan dalam URL dan meminta untuk file tertentu. Jika URL menentukan sebuah direktori (bukan file), itu adalah sama dengan meminta file default dalam direktori tersebut.
➌ Server mencari file yang diminta dan mengeluarkan respon HTTP. a. Jika halaman tidak dapat ditemukan, server mengembalikan pesan kesalahan. Pesan tersebut biasanya mengatakan "404 Not Found," meskipun pesan kesalahan lebih ramah dapat diberikan.
  b. Jika dokumen ditemukan, server mengambil file yang diminta dan kembali ke browser.
➍ Browser mem-parsing dokumen HTML. Jika halaman berisi gambar (ditandai dengan elemen img HTML) atau sumber daya eksternal lainnya seperti script, kontak peramban server lagi untuk meminta setiap sumber daya yang ditentukan dalam markup.
➎ Browser menyisipkan setiap gambar dalam aliran dokumen di tempat yang ditentukan oleh elemen img. Semua media ditampilkan dalam sebuah halaman web.

Alur Cara Kerja Web
Alur Cara Kerja Web

Anatomi Browser

Ketika pertama kali membuka browser web, biasanya dengan mengklik dua kali pada icon di desktop Anda, halaman web yang telah ditetapkan muncul. Halaman ini disebut sebagai halaman “home” atau halaman awal. Dengan Firefox misalnya, mungkin akan dibawa ke halaman rumah Mozilla atau ke halaman yang dipilih oleh penyedia layanan Internet. Tetapi jika ingin, dapat dengan mudah mengubah halaman awal.

The World Wide Web sampai saat ini adalah bagian yang paling populer dari Internet. Setelah menghabiskan waktu di Web akan merasa bahwa tidak ada batas untuk apa yang dapat temukan. Web memungkinkan kaya dan beragam komunikasi dengan memungkinkan untuk mengakses dan berinteraksi dengan teks, grafis, animasi, foto, audio dan video.

Jadi apa saja yang membentuk web ini? Pada tingkat yang paling sederhana, Web secara fisik terdiri dari komputer pribadi atau perangkat mobile, perangkat lunak web browser, sambungan ke penyedia layanan Internet, komputer yang disebut server yang disebut hosting dan router dan switch yang mengarahkan aliran informasi.

Ada banyak pilihan perangkat lunak server, tetapi dua yang paling populer adalah Apache ( perangkat lunak open source ) dan Layanan Informasi Internet Microsoft ( IIS ). Apache tersedia secara bebas untuk komputer berbasis Unix dan dapat diinstal pada Mac menjalankan Mac OS X. Ada versi Windows juga. Microsoft IIS adalah bagian dari keluarga Microsoft.

Setiap komputer dan perangkat (modem, router, smartphone, mobil, dll) yang terhubung ke Internet diberi alamat IP numerik yang unik (IP singkatan dari Internet Protocol). Sebagai contoh, komputer yang dihosting oreilly.com memiliki alamat IP 208.201.239.100. Semua angka-angka tersebut dapat memusingkan, untungnya ada Domain Name System (DNS) yang dikembangkan untuk memungkinkan kita untuk merujuk ke server dengan nama domainnya, " oreilly.com ", juga. 

Alamat IP numerik berguna untuk perangkat lunak komputer, sedangkan nama domain adalah lebih mudah diakses oleh manusia. Pencocokan nama domain teks ke alamat IP numerik masing-masing adalah tugas dari server DNS yang terpisah. Hal ini dimungkinkan untuk mengkonfigurasi server web sehingga lebih dari satu nama domain dipetakan ke satu alamat IP, yang memungkinkan beberapa situs untuk berbagi server tunggal.

Sebuah halaman web adalah dokumen elektronik yang ditulis dalam bahasa komputer yang disebut HTML, singkatan dari Hypertext Markup Language. Setiap halaman web memiliki alamat yang unik, yang disebut URL atau Uniform Eerources Locator yang mengidentifikasi di mana web server yang memuat dokumen web.

Sebuah website memiliki satu atau lebih halaman web terkait, tergantung pada bagaimana itu dirancang. Halaman web pada situs yang dihubungkan bersama melalui sistem hyperlink, memungkinkan untuk melompat di antara halaman web dengan mengklik pada link.

Bila menelusuri World Wide Web akan melihat istilah yang sering disebut “home page”. Ini adalah halaman sebagai titik awal dari sebuah situs web. Seperti daftar isi dari buku atau majalah, “home page” biasanya memberikan gambaran tentang apa yang akan temukan di website. Situs dapat memiliki satu halaman, yang panjang beberapa atau ribuan halaman. Jika tidak ada banyak informasi, “home page” mungkin satu-satunya halaman. Tapi biasanya akan menemukan setidaknya beberapa halaman lainnya.

Halaman Web bervariasi dalam desain dan konten, tetapi banyak menggunakan format majalah tradisional. Di bagian atas halaman adalah masthead atau grafis banner, maka daftar item, seperti artikel, sering dengan penjelasan singkat. Item dalam daftar biasanya link ke halaman lain di situs, atau situs lain. Kadang-kadang link ini disorot kata-kata dalam tubuh teks, atau disusun dalam daftar, seperti indeks. Mereka juga dapat menjadi kombinasi dari keduanya. Sebuah halaman web mungkin juga "panas" gambar yang link ke konten lainnya.

Bagaimana bisa membedakan mana teks yang ada tautan/link? Link muncul dalam warna yang berbeda dari teks - biasanya dengan warna biru dan sering digarisbawahi. Bila memindahkan kursor di atas link teks atau melalui link grafis, perubahan icon dari panah ke tangan.



Subscribe to receive free email updates: