Proposal PTK (PTK), Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Two Stay Two Stay

Proposal PTK (PTK), Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Two Stay Two Stay, contoh proposal ptk, contoh ptk matematika, contoh judul ptk.

Contoh Proposal PTK

Berikut ini adalah contoh proposal ptk mata pelajaran Matematika dengan mengangkat judul meningkatkan hasil belajar Matematika dengan metode TSTS.

a. Abstrak


ABSTRAK
Sadikin


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA 
MELALUI TSTS
PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 9 KOTABUMI
TAHUN 2012

Sejak tahun 2007 SMP sudah menggunakan KTSP yang dibuat oleh seluruh warga sekolah.Dalam KTSP itu termuat mata pelajaran Matematika dengan jumlah 6 jam mata pelajaran setiap minggu.

Adapun yang mempengaruhi aktivitas belajar Matematika pada SMP diantaranya adalah meningkatnya aktivitas siswa,interaksi antar siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,pemenuhan tugas siswa.

Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika melalui TSTS dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012.

Penelitian Tindakan kelas ini,subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 9 Kotabumi.Dan sumber data yang digunakan adalah aktivitas belajar siswa,hasil belajar siswa,dan hasil kerja kelompok siswa.Dalam proses pengembalian data penulis menggunakan teknik observasi,test,dan penilaian portofolio ( Kerja Kelompok ).

Berdasrkan hasil penelitian ,diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar Matematika melalui Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012 yaitu selalu memberikan peningkatan dari pertemuan pertama sampai keenam.

Adapun Data Test siswa selalu memberikan peningkatan dari pertemuan pertama sampai keenam pada siswa kelas VIII A dengan peningkatan sebagai berikut : 

Hasil tes individual siswa pada pertemuan pertama diperoleh skor Tuntas sebanyak   siswa dan Belum Tuntas sebanyak  siswa. pertemuan kedua diperoleh skor Tuntas sebanyak   siswa dan Belum Tuntas sebanyak  siswa. pertemuan ketiga diperoleh skor Tuntas sebanyak   siswa dan Belum Tuntas sebanyak  siswa. pertemuan keempat diperoleh skor Tuntas sebanyak   siswa dan Belum Tuntas sebanyak  siswa. pertemuan kelima diperoleh skor Tuntas sebanyak   siswa dan Belum Tuntas sebanyak  siswa pertemuan keenam diperoleh skor Tuntas sebanyak   siswa dan Belum Tuntas sebanyak  siswa.

PTK
Contoh Proposal PTK

b. Kata Pengantar

KATA PENGANTAR

 Puji serta syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena dengan rahmat,dan hidayah-Nya,sehingga penulis dapat menyelesaikan Penulisan Tindakan Kelas (PTK) ini tepat pada waktunya dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui TSTS Pada Siswa Kelas VIII A Di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012”.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan PTK ini masih banyak terdapat kekurangan,oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi perbaiakan isi PTK ini dikemudian hari.

Dan pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1. Kepala Sekolah dan beserta seluruh dewan Guru SMP N 9 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara yang telah banyak membantu penulis dalam memperoleh data-data yang penulis butuhkan.
2. Orang Tuaku Tersayang,yang turut memberikan dorongan serta semangat dalam belajar hingga penulis dapat menyelesaikan PTK ini tepat pada waktunya.

Penulis berharap semoga PTK ini dapat bermanfaat baik bagi penulis sendiri,maupun bagi para dewan guru lanjutan sebagai reperensi atau literatur.
                                                                                   
Kotabumi,17 Oktober 2012


                                                                                    SADIKIN,S.Pd
                                                                                    

c. Daftar Isi


DAFTAR ISI

Logo.................................................................................................
Pengesahan................................................................................................     
Absrak.......................................................................................................      
Kata Pengantar..........................................................................................    
Dafta isi.....................................................................................................    
Daftar Tabel...............................................................................................     

BAB I             : PENDAHULUAN
                         A. Latar Belakang Masalah..............................................     
                         B. Identifikasi Masalah....................................................
                         C. Rumusan Masalah.......................................................
                         D. Tujuan dan Manfaat Penelitian...................................
BAB II             : KAJIAN PUSTAKA
 A.Pembelajaran Matematika di SMP N 9 Kotabumi…..
                         B. Kajian Teori.................................................................
                         C. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).......................
BAB III          : METODE PENELITIAN
                         A. Setting.........................................................................
                         B. Subyek Penelitian........................................................
                         C. Sumber Data................................................................
                         D. Teknik Pengumpulan Data..........................................


BAB IV          : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
                         A. Kondisi Sekolah..........................................................
                         B. Hasil Penelitian............................................................
                             1. Siklus 1 ....................................................................
                             2. Siklus 2 ....................................................................
                         C. Pembahasan.................................................................
BAB V            : PENUTUP
                         A. Kesimpulan..................................................................
                         B. Saran – saran................................................................

DATAR PUSTAKA
LAMPIRAN



d. BAB I PENDAHULUAN

A.       Latar belakang masalah
Dalam pembelajaran aktivitas dan kreatif mengandung makna ,siswa mampu mengikuti pembelajaran yang efektif,efisien dan menyenangkan.

Oleh sebab itu guru harus menggunakan bermacam-macam model pembelajaran yang menarik untuk ,mencapai hasil yang diharapkan diantaranya adalah menggunakan model kooperatif tipe TSTS.

Bila kita amati dilapangan ,bahwa guru sudah menunjukkan kinerja maksimal didalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pendidik,pengajar dan pelatih.

Akan tetepi barangkali masih ada sebagian guru yang belum menunjukkan kinerja baik,tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja guru secara makro.

Sejak tahun tahun 2007 SMP N 9 Kotabumi sudah menggunakan KTSP yang dibuat oleh seluruh warga sekolah.Dalam struktur KTSP itu termuat mata pelajaran Matematika dengan jumlah 6 jam pelajaran setiap minggunya.

Dalam dokumen 1 KTSP telah dilengkapi dengan hari efektif dan disesuaikan dengan dokumen 2 telah memuat Silabus,RPP Berkarakter setiap mata pelajaran secara lengkap termasuk mata pelajaran Matematika.

Adapun mempengaruhi aktifitas belajar Matematika pada SMP N 9 Kotabumi diantaranya adalah meningkatnya aktivitas belajar siswa,interaksi antar siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,pemenuhan tugas siswa,ketepatan waktu,keberanian,kemampuan dan tanggung jawab.

Berdasarkan evaluasi diri sekolah,baik Ujian Nasional dan Ujian Sekolah pada tahun lalu diperoleh nilai rata-rata belajar yang kurang memuaskan.Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitan dengan judul”Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui TSTS Pada Siswa Kelas VIII A Di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012”

B.  Identifikas masalah
      Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah diatas,maka dapat diidentifikasi masalah sebagai berikut:
1.      Apakah TSTS dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012?
2.      Apakah TSTS dapat meningkatkan interaksi antar siswa dengan siswa dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012?
3.      Apakah TSTS dapat meningkatkan interaksi antar siswa dengan guru dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012?
4.      Apakah TSTS dapat meningkatkan kerja sama dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012?
5.      Apakah TSTS dapat meningkatkan prestasi dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012?
6.      Apakah TSTS dapat meningkatkan pemahaman tugas dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012 ?
7.      Apakah TSTS dapat meningkatkan ketepatan waktu dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012 ?
8.      Apakah TSTS dapat meningkatkan keberanian dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012 ?
9.      Apakah TSTS dapat meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012 ?
10.  Apakah TSTS dapat meningkatkan  Tanggungjawab  dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012 ?

C. Rumusan masalah
Berdasarkan identifikasi masalah ,peneliti membatasi rumusan masalah sebagai berikut : Apakah TSTS dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun 2012?

D. Tujuan dan manfaat penelitaian
1. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tujuan Penelitan Tindakan Kelas (PTK) ini adalah sebagai berikut:
a. Meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa
b.Meningkatkan interaksi antar siswa dengan siswa dalam belajar Matematika
c.Meningkatkan interaksi antar siswa dengan guru dalam belajar Matematika
d. Meningkatkan kerjasama belajar Matematika pada siswa
e. Meningkatkan prestasi belajar Matematika pada siswa
f. Meningkatkan pemahaman tugas belajar Matematika pada siswa

2.  Manfaat Penelitaian Tindakan Kelas (PTK)
Diharapkan penelitian tindakan kelas ini dapat bermanfaat bagi lingkungan pendidikan terutama Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Utara beserta jajaranya dapat memfasilitasi work shop baik tingkat kabupaten maupun kecamatan untuk melakukan Penelitaian Tindakan Kelas (PTK),sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa,interaksi siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswaa,dan pemenuhan tugas siwa di SMP Kabupaten Lampung Utara terutama pada SMP Negeri 9 Kotabumi.

e. BAB II KAJIAN PUSTAKA

A.       Pembelajaran Matematika di SMP N 9 Kotabumi
Karakteristik Matematika memililki ciri khas yang menanamkan keseimbangan antara kognitif,afektif dan psikomotorik.Adapun tujuan umum pengajaran Matematika di SMP dan MTs adalah seperti tercantum dalam kurikulum Madrasah Tsanawiyah tahun 2004 adalah sebagai berikut:
1.   Melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan, perbedaan, konsisten dan inkonsisten.
2.   Mengembangkan aktifitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, serta mencoba – coba.
3.   Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah
4.   Mengembangkan kemampuan meyampaikan informasi atau meng-komunikasikan gagasan antara lain melalui pembicaraan lisan, catatan, grafik, peta, diagram, dalam menjelaskan gagasan.
Dengan demikian yang dimaksudkan pembelajaran Matematika hendaknya dapat meningkatkan  aktivitas belajar siswa,interaksi antar siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa dan pemenuhan tugas siswa di SMP Negeri 9 kotabumi.

B.        Kajian Teoritis
1.      Pengertian  TSTS
Pembelajaran Kooperatif tipe Two  Stay Two Sray (TSTS) adalah pembelajaran kelompok dengan cara siswa berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan kelompok lain, (Suyatno, 2009:66). Selanjutnya Anita Lie (2007:61) menyatakan bahwa struktur dua tinggal dua tamu memberikan kesempatan kepada kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lain. Jadi pada pembelajaran kooperatif ini memberikan kesempatan kepada kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lain. Menurut (Anita Lie, 2007:62) langkah–langkah pembelajaran kooperatif tipe TSTS adalah sebagai berikut :
1)         Siswa bekerjasama dalam kelompok berempat seperti biasa
2)  Setelah selesai, dua orang dari masing–masing kelompok akan meninggalkan kelompoknya dan masing–masing bertamu kedua kelompok yang lain.
    Dua orang yang tinggal dalam kelomnpok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka
4)   Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
5)         Kelompok mencocokkan dan membahas hasil–hasil kerja mereka.

2.   Pengertian PTK
Istilah dalam bahasa inggris adalah Classroom Action Research (CAR).Dari namanya sudah menunjukkan isi yang terkandung didalamnya,yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan dikelas.Dikarenakan ada tiga kata yang membentuk pengertian tersebut,maka ada tiga pengertian yang didapat.
a.        Penelitan -  menunjuk pada suatu kegiatan mencermati suatu objek dengan menggunakan cara dan aturan metodelogi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti
b.         Tindakan – menunjujk pada suatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu.Dalam kegiatan berbentuk rangkaian siklus kegiatan untuk siswa.
c.          Kelas – dalam hal ini tidak terikat pada pengertian ruang kelas ,tetapi dalam pengertian yang lebih spesifik.Yang sudah lama dikenali dalam bidang pendidikan dan pengajaran,yang dimaksud dengan istilah kelas adalah kelompok siswa yang dalam waktu yang sama,menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula (suharsimi ,dkk.2001:2).

3.   Model Pembelajaran
              Selama ini model pembelajaran yang diterapkan di SMP N 9 Kotabumi terutama mata pelajaran Matematika menggunakan medel pembelajarn yang sifatnya ceramah.Oleh sebab itu peneliti akan menggunakan model pembelajaran artikulasi,yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar,interaksi siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,dan pemenuhan tugas siswa pada kelas VIII A di SMP N 9 Kotabumi.

C.           Jenis Penelitian Tindakan Kelas
Karena data-data yang ingin dikumpulkan adalah meningkatkan aktivitas belajar,interaksi siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,dan pemenuhan tugas siswa pada kelas VIII A di SMP N 9 Kotabumi.Maka dari itu peneliti menggunakan metode kualitatif deskripsi.

         Adapun tahapan penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan sebagai berikut (suharsimi,dkk.2001:17):
1.         Tahap Rancangan Tindakan (Planning)
Dalam tahap ini menjelaskan tentang apa,mengapa,kapan,dimana,oleh siapa,dan bagaimana tindakan tersebut dilakukan .Penelitian tindakan yang ideal sebetulnya dilakukan secara berpasangan antara pihak melakukan tindakan dan pihak yang mengamati proses jalannya tindakan.

2.         Tahapan Pelaksanaan Tindakan (Acting)
Tahap kedua dari penelitian tindakan adalah pelaksanaan yang merupakan implementasi atau penerapan isi rancangan,yaitu mengenai tindakan dikelas

3.         Tahap Pengamatan (Observing)
Tahap ketiga yaitu kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh pengamat.

4.         Tahap Refleksi (Reflecting)
Tahap keempat merupakan kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah dilakukan .

f. METODE PENELITIAN

A. Setting
 1. Tempat dan waktu Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Tempat setting pada penelitian ini adalah SMP N 9 Kotabumi kecamatan kotabumi kota Kabupaten Lampung Utara.Adapun waktu penelitian selama  1,5 bulan dari tanngal 03 september sampai dengan 17 oktober 2012

1.   Observer
  Obsever pada Penelitian Tindakan Kelas ini saya sangat di bantu dua orang guru yaitu Nursalam,S.Pd dan Suwarni,S.Pd dengan alasan untuk membantu,mempermudah dan tercapainya objektivitas dalam penelitian ini

2.   Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),dilakukan dengan 2 siklus masing-masing siklus yaitu :
a. Siklus 1 terdiri dari pertemuan 1,pertemuan 2,pertemuan 3
b. Siklus 2 terdiri dari pertemuan 4,pertemuan 5,pertemuan 6
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada jawal tabel berikut:
Tabel.1Jadwal Penelitian Tindakan Kelas ( PTK )
NO
Hari/Tanggal
Siklus
Pertemuan
Materi
Waktu

1.
Rabu,
04 September 2012


1

1


2 Jam

2.
Kamis,
05 September 2012


2


2 Jam

3.


Senin,
10 September 2012


3


2 Jam

4.


Rabu,
12 September 2012





2


4



2 Jam

5.


Kamis,
13 September 2012



5



2 Jam

6

Senin,
17 September 2012



6



2 Jam

A.    Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A,yang terdiri dari  laki-laki 10 orang ,perempuan 14 orang jumlah keseluruhan 24 siswa,dipilih kelas ini subjek penelitian karena dapat mewakilikelas yang lain dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar Matematika
B.     Sumber Data
Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah :
1. Aktivitas belajar siswa yang meliputi :
a. Interaksi antara siswa dengan siswa
b. Interaksi antara siswa dengan guru
c. Kerjasama antar siswa
d. Prestasi siswa
e. dan pemenuhan tugas siswa kelas VIII A di SMP N 9 Kotabumi
2. Hasil belajar siswa
Hasil belajar siswa ini diperoleh dari hasil tes secara individu terhadap materi yang disampaikan.
3.   Hasil kerja kelompok siswa
Hasil kerja kelompok siswa diperoleh dari hasil kerja setiap kelompok sesuai dengan materi yang dipelajari.

C.     Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data pada Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini adalah sebagai berikut :
1.      Observasi
Untuk mendapatkan data aktivitas belajar dengan menggunakan tabel sebagai berikut:
Tabel 2. Data Aktivitas Belajar Siswa
NO

Aktivitas
Skor
A
B
C
1.
Meningkatkan aktivitas belajar siswa



2.
Interaksi antara siswa dengan siswa



3
Interaksi antara siswa dengan guru



4
Kerjasama antar siswa



5
Prestasi siswa               



6
pemenuhan tugas siswa



Jumlah




Ket :    A = Amat Baik
            B = Baik                                                                                 
C = Cukup                                         

Kotabumi,.......................2012
Guru Mata Pelajaran


                                                                                    SADIKIN,S.Pd                                                     

2.      Test
Test dilaksanakan pada akhir pertemuan dalam bentuk essay dan hasil tes dapat dilihat pada tabel sebagai berikut:
Tabel.3 Nilai Test siswa
NO
Nama
Nilai
KKM
Keterangan
1




2




3




4




5




Dst













































































































Jumlah


                                                                                   

Kotabumi,.......................2012           
Guru Mata Pelajaran


                                                                                    SADIKIN,S.Pd                                                     


3.      Penilaian Portofolio ( Kerja kelompok )
Untuk menihat hasil kerja kelompok siswa dapat dilihat pada tabel sebagai berikut
Tabel .4 Penilaian Portofolio ( Kerja Kelompok )
NO

Aktivitas
Skor
A
B
C
1.
Ketepatan waktu



2.
Keberanian



3.
Kemampuan



4.
Tanggung jawab



Jumlah




Ket :    A = Amat Baik
            B = Baik                                                                                 
C = Cukup                                         

                                                       Kotabumi,.......................2012           
                                                       Guru Mata Pelajaran


                                                                         
                                                                                                                                   
                                                                     SADIKIN,S.Pd     

g. PENUTUP


A.Kesimpulan

Peningkatan hasil belajar siswa dapat terwujud apabila seorang guru dapat berinovatif dalam proses belajar mengajar.salah satu cara berinovatif yang penulis akan laksanakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif  Two Stay Two Sray (TSTS).Dengan menggunakan model TSTS Penulis Mengharapkan adanya peningkatan hasil belajar yang lebih baik,diantaranya adalah meningkatnya aktivitas belajar siswa,interaksi antar siswa dengan siswa,interaksi siswa dengan guru,kerjasama antar siswa,prestasi siswa,pemenuhan tugas siswa,ketepatan waktu,keberanian,kemampuan dan tanggung jawab.
B.Saran
Dengan adanya Permenpan Tahun 2009,dimana seorang dituntut untuk menulis karya ilmiah salah satunya penelitian tindakan kelas,maka diharapkan pemerintah juga meberikan perhatian Khusus kepada guru dalam bentuk fasilitas berupa  pelaihan – pelatihan dan dana sehingga mutu guru yang diharapkan bisa tercapai.                                                                                                    


h. DAFTAR PUSTAKA


Al Barry, M Dahlan.2004.” KAMUS ILMIAH POPULER “ Arloka : Surabaya.

Arikunto,Suharsimi.dkk.2010 “ PENELITIAN TINDAKAN KELAS “.PT.Bumi Aksara : Jakarta.

Budiman,Dasim.Dkk.2009.”PAKEMPembelajaranAktif,Kreatif,Efektif,dan Menyenangkan”.PT.Ganesindo : Bandung.

Nasution.2009.”BERBAGAI PENDEKATAN dalam PROSES BELAJAR & MENGAJAR”.PT.Bumi Aksara : Jakarta.

Permen No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Nasional

Untuk mengunduh filenya ada disini

Silahkan Baca Juga : Contoh Proposal PTK Matematika SMP

Subscribe to receive free email updates: