Perancangan Sistem Informasi Kwarcab Berbasis Web

Perancangan sistem informasi kwarcab, pramuka indonesia, pramuka

Perancangan Sistem Informasi Kwarcab 

a. Sistem yang berjalan di kwarcab

Bagan Sistem yang berjalan


Staf Kwarcab atau TU (Tata Usaha) membuat informasi tentang Kepramukaan berdasarkan data-data yang sudah terkumpul, informasi tentang Kepramukaan yang disampaikan kepada masyarakat berupa iklan, banner, spanduk, dan brosur.

Iklan, banner, spanduk dan brosur sebelum disampaikan kepada masyarakat diserahkan terlebih dahulu kepada Ketua Kwarcab untuk diperiksa, setelah diperiksa dan jika sudah sesuai maka disetujui oleh Ketua Kwarcab. Iklan, banner, spanduk, dan brosur yang sudah disetujui Ketua Kwarcab kemudian disosialisasikan kepada masyarakat di tempat-tempat umum, di sekolah-sekolah, di kantor-kantor, dan lain sebagainya.
Jika ada masyarakat atau pihak-pihak tertentu selah diadakannya sosialisasi tentang kepramukaan dapat menyampaikan pendapatnya secara langsung baik secara lisan ataupun tulisan kepada panitia sosialisasi kepramukaan. Maka panitia sosialisasi kepramukaan dapat langsung merespon tentang pendapat-pendapat yang telah disampaikan oleh masyarakat tersebut.
Dari pendapat-pendapat dan komentar yang disampaikan masyarakat digunakan sebagai acuan dan masukkan untuk memperbaiki sistem informasi yang ada pada kwartir cabang kabupaten Lampung Utara. Forum sosialisasi ini juga menjadi wadah interaksi antara masyarakat dan kwarcab kabupaten Lampung Utara untuk menjalin rasa kekeluargaan.

b. Sistem yang diusulkan

Kwarcab berbasis web


Staf Kwarcab atau sebagai Administrator (admin) menginput data-data Kepramukaan dan data profil Kwarcab Lampung Utara, yang kemudian menghasilkan dokumen tentang Kepramukaan dan Dokumen Profil Kwarcab , berita-berita tentang Kwarcab, Agenda kegiatan Kwarcab Lampung Utara yang kemudian disimpan di dalam database kwarcablu.
Setelah informasi tentang Kepramukaan dan Profil Kwarcab Lampung Utara selesai diinput, maka masyarakat luas sudah bisa browsing (menjelajah dunia internet) di website Kwarcab Lampung Utara yang berisi tentang profil Kwrcab, visi dan misi Kwarcab, berita-berita tentang kepramukaan dan yang berkaitan dengan kepramukaan serta agenda kegiatan Kwarcab Lampug Utara. Di dalam website tersebut masyarakat luas bisa memberikan komentar dan pendapatnya mengenai berita-berita dan agenda kegiatan yang ada pada website Kwarcab Lampung Utara. Data komentar disimpan dalam penyimpanan diweb.
Selain masyarakat luas, Ketua Kwarcab pun bisa juga berperan aktif dengan bergabung dan menyampaikan arahannya diwebsite tersebut.

Admin dapat memantau komentar-komentar yang ada di dalam web melalui forum yang telah disediakan. Admin memiliki hak penuh dalam pengelolaan website Kwarcab Lampung Utara ini. Admin kemudian membuat laporan tentang agenda kegiatan yang ada pada Kwarcab. Laporan tersebut diserahkan kepada Ketua Kwarcab, laporan tersebut kemudian disetujui/acc. Laporan yang sudah disetujui/acc dikembalikan lagi ke staff Kwarcab untuk diarsipkan.
Loading...