Skip to main content

Perancangan Sistem Informasi Kwarcab Berbasis Web

Perancangan sistem informasi kwarcab, pramuka indonesia, pramuka

Perancangan Sistem Informasi Kwarcab 

a. Sistem yang berjalan di kwarcab

Bagan Sistem yang berjalan


Staf Kwarcab atau TU (Tata Usaha) membuat informasi tentang Kepramukaan berdasarkan data-data yang sudah terkumpul, informasi tentang Kepramukaan yang disampaikan kepada masyarakat berupa iklan, banner, spanduk, dan brosur.

Iklan, banner, spanduk dan brosur sebelum disampaikan kepada masyarakat diserahkan terlebih dahulu kepada Ketua Kwarcab untuk diperiksa, setelah diperiksa dan jika sudah sesuai maka disetujui oleh Ketua Kwarcab. Iklan, banner, spanduk, dan brosur yang sudah disetujui Ketua Kwarcab kemudian disosialisasikan kepada masyarakat di tempat-tempat umum, di sekolah-sekolah, di kantor-kantor, dan lain sebagainya.
Jika ada masyarakat atau pihak-pihak tertentu selah diadakannya sosialisasi tentang kepramukaan dapat menyampaikan pendapatnya secara langsung baik secara lisan ataupun tulisan kepada panitia sosialisasi kepramukaan. Maka panitia sosialisasi kepramukaan dapat langsung merespon tentang pendapat-pendapat yang telah disampaikan oleh masyarakat tersebut.
Dari pendapat-pendapat dan komentar yang disampaikan masyarakat digunakan sebagai acuan dan masukkan untuk memperbaiki sistem informasi yang ada pada kwartir cabang kabupaten Lampung Utara. Forum sosialisasi ini juga menjadi wadah interaksi antara masyarakat dan kwarcab kabupaten Lampung Utara untuk menjalin rasa kekeluargaan.

b. Sistem yang diusulkan

Kwarcab berbasis web


Staf Kwarcab atau sebagai Administrator (admin) menginput data-data Kepramukaan dan data profil Kwarcab Lampung Utara, yang kemudian menghasilkan dokumen tentang Kepramukaan dan Dokumen Profil Kwarcab , berita-berita tentang Kwarcab, Agenda kegiatan Kwarcab Lampung Utara yang kemudian disimpan di dalam database kwarcablu.
Setelah informasi tentang Kepramukaan dan Profil Kwarcab Lampung Utara selesai diinput, maka masyarakat luas sudah bisa browsing (menjelajah dunia internet) di website Kwarcab Lampung Utara yang berisi tentang profil Kwrcab, visi dan misi Kwarcab, berita-berita tentang kepramukaan dan yang berkaitan dengan kepramukaan serta agenda kegiatan Kwarcab Lampug Utara. Di dalam website tersebut masyarakat luas bisa memberikan komentar dan pendapatnya mengenai berita-berita dan agenda kegiatan yang ada pada website Kwarcab Lampung Utara. Data komentar disimpan dalam penyimpanan diweb.
Selain masyarakat luas, Ketua Kwarcab pun bisa juga berperan aktif dengan bergabung dan menyampaikan arahannya diwebsite tersebut.

Admin dapat memantau komentar-komentar yang ada di dalam web melalui forum yang telah disediakan. Admin memiliki hak penuh dalam pengelolaan website Kwarcab Lampung Utara ini. Admin kemudian membuat laporan tentang agenda kegiatan yang ada pada Kwarcab. Laporan tersebut diserahkan kepada Ketua Kwarcab, laporan tersebut kemudian disetujui/acc. Laporan yang sudah disetujui/acc dikembalikan lagi ke staff Kwarcab untuk diarsipkan.

Comments

Popular posts from this blog

7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database

Pembahasan saat ini yaitu 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database, arsitektur basis data, basis data, database 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi  Dasar Manajemen Database Pengguna dalam Basis data Pada tingkat pemakai, data base dikelompokkan menjadi beberapa tingkat pemakai yaitu antara lain sebagai berikut : 1. Database Administrator Ialah manusia yang mengorganisasi seluruh sistem basis data. Database administrator imemiliki tanggung jawab penuh dalam manajemen database meliputi: pengaturan hak akses, koordinasi dan monitoring serta bertanggung jawab terhadap kebutuhan hardware dan software. Dalam pekerjaannya biasanya dibantu oleh staf Admin. Database Administrator 2. Database Designer Adalah manusia yang bertugas merancang dan mengembangkan database. database designer bertanggung jawab dalam identifikasi data yang tersimpan dalam database, menentukan struktur data yang tepat untuk disimpan dalam database. Database designer memerlukan

5 Fungsi Modul Input Output (I/O)

5 Fungsi Modul Input Output (I/O) Modul I/O adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register – register CPU. Dalam mewujudkan hal ini, diperlukan antarmuka internal dengan komputer (CPU dan memori utama) dan antarmuka dengan perangkat eksternalnya untuk menjalankan fungsi-fungsi pengontrolan. Fungsi dalam menjalankan tugas bagi modul I/O dapat dibagi menjadi beberapa katagori, yaitu: • Kontrol dan pewaktuan. • Komunikasi CPU. • Komunikasi perangkat eksternal. • Pem-buffer-an data. • Deteksi kesalahan. 1. Fungsi Kontrol dan Pewaktuan Fungsi kontrol dan pewaktuan (control & timing) merupakan hal yang penting untuk mensinkronkan kerja masing – masing komponen penyusun komputer. Dalam sekali waktu CPU berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat dengan pola tidak menentu dan kecepatan transfer

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian, tahapan metode ilmiah, metodologi penelitian, metode ilmiah