Pengertian dan Kategori Desain Grafis, desain grafis, desain

Pengertian dan Kategori Desain Grafis, desain grafis, desain


Perangkat lunak pembuat grafis bekerja berdasarkan menu. Menurut Burhan R, menu merupakan daftar perintah yang dikelompokkan berdasarkan fungsi masing-masing perintah. Ada dua bentuk menu yang biasa dipakai dalam berbagai program aplikasi, khususnya CorelDRAW12 yaitu Menu Bar dan Menu Toolbars.

Menu Bar merupakan tempat meletakkan item-item menu dalam suatu aplikasi yang pada umumnya terletak di bawah judul (heading) aplikasi. Sementara itu, Menu Toolbars adalah lambang-lambang atau ikon pada tampilan layar komputer mewakili suatu fungsi dalam komputer.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang menu dan ikon dalam perangkat lunak pembuat grafis, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dan kategori desain grafis, program pengolah grafis, mengenal program CorelDRAW 12, dan menjalankan program CorelDRAW 12.

1. Pengertian dan Kategori Desain Grafis


a. Pengertian desain grafis

Berdasarkan situs http://id.wikipedia.org/, ada beberapa tokoh telah menyatakan pendapatnya tentang pengertian desain grafis.
1) Menurut Suyanto, desain grafis didefinisikan sebagai “aplikasi dari
keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”.
Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk,
menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan
lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan
pesan dalam publikasi.

2) Menurut Jessica Helfand, desain grafis didefinisikan sebagai kombinasi
kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan
ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang
bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat
menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau
subversif atau sesuatu yang mudah diingat.

3) Menurut Blanchard, desain grafis didefinisikan sebagai suatu seni
komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam
menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.

Berdasarkan ketiga pendapat para ahli tersebut, dapat dirumuskan bahwa desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang perancang (desainer) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, perancangan packaging, perfilman, dan lain-lain.

b. Kategori desain grafis

Secara umum, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori, antara lain sebagai berikut.
1) Printing (percetakan) Memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.

2) Web desain; memuat desain untuk halaman web.

3) Identifikasi (logo), EGD (Environmental Graphic Design); memuat desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.

4) Desain produk, pemaketan dan sejenisnya.

5) Film (perfilman); memuat desain film seperti CD, DVD, dan CD multimedia untuk promosi.

2. Program Pengolah Grafis


Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori, maka sarana untuk mengolah grafis pun juga berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya. 
a. Aplikasi pengolah tata letak (layout) 
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Di antara yang termasuk dalam kelompok program aplikasi pengolah tata letak adalah Adobe FrameMaker, Adobe InDesign, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress. Berikut adalah sebuah contoh tampilan area kerja Adobe InDesain.

Adobe InDesign merupakan program aplikasi yang digunakan untuk desain layout atau publikasi. Adobe InDesign sering digunakan penerbit majalah, koran, biro cetak, dan biro iklan untuk mendesain produknya. Sebelum Adobe mengeluarkan Adobe InDesign, Adobe telah mengeluarkan Adobe PageMaker yang berfungsi sebagai desain layout juga. Saat ini, Adobe PageMaker telah dihentikan produksinya dan Adobe telah mengeluarkan versi Adobe InDesign CS3 yang lebih powerfull daripada versi sebelumnya maupun Adobe PageMaker.

b. Aplikasi pengolah vektor/garis
Program ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDRAW, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, dan Micrografx Designer. Berikut adalah sebuah contoh tampilan area kerja Adobe Illustrator.

Adobe Illustrator merupakan program aplikasi untuk membuat gambar berbasis vektor yaitu objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi garis dan titik (dot). Program aplikasi grafis ini masih satu keluarga dengan Adobe Photoshop, yaitu samasama produk Adobe System Incorporated. Program ini belum sepopuler CorelDRAW, namun mulai dilirik oleh para desainer pengolah grafis digital.

c. Aplikasi pengolah pixel
Program ini digunakan untuk mengolah gambar atau manipulasi foto (photo retouching). Semua objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik-titik kecil (pixel) yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan titik-titik kecil (pixel) yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan titik-titik kecil (pixel). Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk titik-titik kecil (pixel). 

Di antara program aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT, Microsoft Photo Editor, Macromedia Fireworks, Macromedia Xres, Metacreations Painter, Metacreations Live Picture, Micrografx Picture Publisher, dan Wright Image. Berikut adalah sebuah contoh tampilan area kerja Corel PHOTO-PAINT.

Corel PHOTO-PAINT merupakan program aplikasi olah gambar yang berada di bawah perusahaan Corel Corporation yang masih satu kelompok dengan CorelDRAW. Adapun menu dan tampilannya tidak jauh berbeda dengan CorelDRAW, seperti tampilan Menu Bar, Toolbox, dan Ruler.

d. Aplikasi pengolah film/video
Program aplikasi kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format seperti pemberian judul teks (karaoke, maupun teks terjemahan. Pada umumnya, dalam pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Adapun yang termasuk dalam kategori program aplikasi ini antara lain Adobe After Effect, Easy Media Creator, Element Premier, Nero Ultra Edition, Pinnacle Studio Plus, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, dan WinDVD Creator. Berikut adalah sebuah contoh tampilan area kerja Ulead Video Studio.

Ulead Video Studio 7 adalah program video editing untuk rumahan yang kini makin populer. Selain ringan dan mudah digunakan, Video Studio 7 juga tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi. Dengan program ini, Anda dapat mengedit video, menambah musik latar, membuat transisi, efek video, hingga transfer video ke dalam VCD atau DVD.

e. Aplikasi pengolah multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk multimedia seperti promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD (Compact Disk) maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancang sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interaktif dan menarik. Adapun program aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah Hyper Studio, Macromedia, Macromedia Authorware, Macromedia Director, Macromedia Flash, Multimedia Builder, dan Ovation Studio Pro. Berikut adalah sebuah contoh tampilan kerja Macromedia Flash.

Macromedia Flash merupakan program pengolah grafis yang didesain khusus untuk membuat animasi dua dimensi yang handal dan ringan sehingga Flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD (Compact Disk) interaktif dan yang lainnya. Keunggulan yang dimiliki oleh Flash adalah kemampuan untuk menerima sedikit kode pemrograman, baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada di dalamnya maupun digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML (Hyper Text Markup Language),
PHP (Personal Home Pagetools), dan database dengan pendekatan XML (Extensible Markup Language).

Hubungan Antarprogram Grafis


Di dunia publising terdapat tiga kelompok program aplikasi yang sering berhubungan yaitu; 1) aplikasi pengolah foto/pixel (seperti: Adobe Photoshop, Corel PHOTO-PAINT, Microsoft Photo Editor, dan Macromedia Fireworks), 2) aplikasi pengolah vektor (seperti: CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator, dan Micrografx Designer), 3) aplikasi tata letak (Adobe PageMaker, Adobe In Design, Corel Ventura, dan Microsoft Publisher).

Hubungan Antar Program Grafis
Hubungan Antar Program Grafis

Ketiga kelompok program aplikasi publishing tersebut saling melengkapi antara satu dengan lainnya, misalnya Anda akan membuat buku, isi buku dibuat dengan PageMaker, sedangkan covernya (sampulnya) dibuat menggunakan CorelDRAW atau Photoshop.

Loading...