Memahami Alamat Web (URL) Uniform Resource Locator

Memahami alamat web (URL) Uniform Resource Locator, pengertian url, definisi url, arti url dalam internet, arti browsing, arti url

Memahami Alamat Web


World Wide Web adalah koleksi besar file elektronik yang tersimpan di jutaan komputer di seluruh dunia. Uniform Resource Locators atau URL adalah alamat yang digunakan untuk menemukan file.

Informasi yang terkandung dalam URL memberi kemampuan untuk berpindah dari satu halaman web yang lain hanya dengan klik. Ketika mengetik URL ke browser atau klik link hypertext, browser mengirim permintaan ke komputer remote, yang disebut server web, untuk mendownload satu atau lebih file. Setiap URL unik, mengidentifikasi satu file tertentu. Apa yang dari khas URL? Berikut adalah beberapa contoh :
http://belajar.kemdikbud.go.id/
Halaman Rumah Belajar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
http://www.facebook.com/pustekkom
Halaman Facebook untuk Pusat Teknologi Informasi - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
ftp://rtfm.mit.edu/pub/
Sebuah direktori file di MIT tersedia untuk di-download.
news : rec.gardens.roses
Sebuah newsgroup dengan topik berkebun.
http://www.sinaukomputer.com/berbasis web
Sebuah blog tentang materi komputer dasar dan lanjutan

Bagian pertama dari URL ( sebelum dua garis miring ) memberitahu jenis sumber daya atau metode akses di alamat itu. Sebagai contoh:
http : dokumen hypertext atau direktori
ftp   : file yang tersedia untuk di-download atau direktori file tersebut
news : newsgroup
file : file yang terletak pada drive lokal komputer Anda

Bagian kedua biasanya adalah alamat komputer di mana data atau layanan berada. Bagian tambahan mungkin menentukan nama file, port untuk menghubungkan ke, atau teks untuk mencari dalam database.

Bagian-bagian dari URL

Sebuah URL lengkap umumnya terdiri dari tiga komponen : protokol, nama situs, dan path absolut ke dokumen atau sumber daya, seperti yang ditunjukkan pada Gambar berikut.

http://

Hal pertama yang dilakukan adalah URL menentukan protokol yang akan digunakan untuk transaksi tertentu. Aturan HTTP membiarkan server tahu untuk menggunakan Hypertext Transfer Protocol, atau masuk ke dalam "modus web"

www.example.com

Bagian berikutnya dari URL mengidentifikasi situs dengan nama domainnya. Dalam contoh ini, nama domain adalah example.com. www di bagian awal adalah nama host tertentu di domain tersebut. Nama host " www " telah menjadi sebuah kesepakatan. Tetapi, kadang-kadang nama host dapat dihilangkan. Bisa lebih dari satu website di domain (kadang-kadang disebut subdomain). Misalnya, ada : development.example.com, clients.example.com, dan sebagainya.

/2011/samples/first.html

Ini adalah path absolut melalui direktori pada server ke dokumen HTML yang diminta, first.html. Kata-kata dipisahkan oleh garis miring adalah nama direktori, dimulai dengan direktori root dari host ( seperti yang ditunjukkan oleh awal /), URL pada Gambar 1.3. mengatakan ingin menggunakan protokol HTTP untuk terhubung ke server web di Internet disebut www.example.com dan meminta first.html dokumen ( terletak di direktori sampel yang ada di direktori 2012).

Sebagian dari URL yang akan menggunakan start dengan http, yang merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, metode yang file HTML yang ditransfer melalui Web. Berikut adalah beberapa hal-hal lain untuk mengetahui tentang URL :
Sebuah URL biasanya tidak memiliki spasi.
Penulisan URL tidak sensitif huruf besar-kecil. Jadi mengetik
"http://www.kemdikbud.go.id" atau
"HTTP://WWW.KEMDIKBUD.GO.ID" atau variasi huruf besar dan
kecil akan membawa ke halaman yang sama.

Jika mengetik URL tidak benar, browser tidak akan dapat menemukan situs atau sumber daya yang inginkan. Jika mendapatkan pesan error atau mengakses situs yang salah, periksalah untuk melihat apakah mengeja alamat dengan benar.

File standar

Tidak setiap URL adalah terlihat begitu panjang. Banyak alamat tidak termasuk nama file, tapi hanya menunjuk ke sebuah direktori, seperti ini :
http://www.w3schools.com/
http://w3schools.com/html/

Ketika server menerima permintaan untuk nama direktori bukan file tertentu, terlihat dalam direktori tersebut untuk dokumen default, biasanya bernama index.html. Jadi, sebenarnya secara tidak langsung, kita mengetikkan alamat lengkap seperti ini (sebagai contoh jika index.html sebagai default) : http://www.w3schools.com/index.html 

Nama file default ( juga disebut sebagai file indeks) dapat bervariasi, dan tergantung pada bagaimana server dikonfigurasi. Dalam contoh ini, dinamai index.html, tetapi beberapa server menggunakan nama file default.htm. Jika situs menggunakan pemrograman server-side untuk menghasilkan halaman, file indeks mungkin diberi nama index.php atau index.asp.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa dalam contoh pertama, URL asli tidak memiliki garis miring untuk menunjukkan itu adalah sebuah direktori. Ketika slash dihilangkan, server hanya menambahkan satu jika menemukan direktori dengan nama itu. File index ini juga berguna untuk keamanan. Beberapa server ( tergantung pada konfigurasi mereka) menampilkan isi direktori jika file default tidak ditemukan.

Salah satu cara untuk mencegah orang melihat file-file pada direktori adalah memastikan ada file index di setiap direktori. Administrator server juga dapat menambahkan perlindungan lain untuk mencegah direktori ditampilkan di browser. Setelah file index dibuka oleh browser, maka akan disajikan seluruh informasi yang ada dalam dokumen HTML dari file tersebut. 
Link Terkait, Silahkan baca juga : Sejarah dan Cara Kerja Web

Subscribe to receive free email updates: