Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial, Negara di Asia Tenggara

Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial, Negara di Asia Tenggara, negara negara di asia tenggara, negara asean, negara asia tenggara, negara negara asean, kawasan asia tenggara, nama negara asean


Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial, Negara di Asia Tenggara


Negara lain yang juga berada di Asia Tenggara adalah Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Myanmar, Kamboja, Vietnam, dan Laos. Negara-negara yang terletak di Asia Tenggara tersebut kemudian membentuk organisasi yang bernama Association of South East Asian Nation (ASEAN). Tujuan didirikan ASEAN adalah untuk melakukan kerja sama di antara negara-negara yang berada di Asia Tenggara.

Bersama negara-negara tetangga tersebut, Indonesia menjalin persahabatan dan kerja sama yang saling menguntungkan. Negara yang berdekatan dengan Indonesia disebut negara tetangga. Negara tetangga lainnya adalah Australia, Papua Nugini, dan Timor Timur. 

Pada pembahasan kali ini kita hanya memaparkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara- negara yang tergabung dalam ASEAN. Marilah kita membahas negara-negara tersebut satu-persatu.

1. Indonesia


a. Keadaan Alam
Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas pulau - pulau besar dan kecil. Jumlah pulau yang terdapat di Indonesia adalah 13.667 pulau. Pulau-pulau besarnya antara lain Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua.

Pada pelajaran terdahulu di kelas lima kita telah mempelajari bahwa kenampakan alam yang ada di Indonesia terdiri atas rangkaian pegunungan, gunung, laut, sungai dan danau. Pegunungan tertinggi di Indonesia terdapat di Papua yaitu Pegunungan Sudirman dengan puncaknya yang tertinggi bernama Puncak Jaya yang ketinggiannya mencapai 5.030 meter. Sungai terpanjangnya adalah Sungai Kapuas (Kalimantan) sedangkan danau yang terbesar adalah Danau Toba (Sumatra Utara).

b. Bentuk Pemerintahan
Ibu kota negara Indonesia adalah Jakarta, dengan bentuk negaranya Republik dan dikepalai oleh seorang presiden. Presiden dipilih oleh rakyat. Di dalam menjalankan pemerintahan, Presiden dibantu oleh menteri-menteri yang dipilih oleh Presiden. Mata uang Indonesia adalah Rupiah. Lagu kebangsaan Indonesia adalah Indonesia Raya.

c. Kegiatan Ekonomi
Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Oleh karena itu, kegiatan ekonomi bangsa Indonesia meliputi berbagai bidang mulai dari bidang agraris, industri, pertambangan dan pariwisata. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil teh terbesar di dunia. Selain itu ada
pula hasil perkebunan lain seperti kelapa sawit, karet, kopi, kayu, rotan dan rempah-rempah yang juga merupakan komoditi ekspor yang sangat diperhitungkan.

Indonesia juga merupakan negara penghasil minyak dan barang tambang lain seperti batu bara, gas alam, timah, emas, besi dan baja, alumunium, intan, perak dan hasil tambang lainnya. Pada bidang industri, Indonesia menghasilkan kain dan pakaian jadi. Beberapa negara Asia Tenggara juga mengimpor bahan baku dan bahan makanan dari Indonesia. Pariwisata merupakan salah satu penghasil pendapatan negara yang cukup besar bagi Indonesia, salah satunya adalah
wisata Pulau Bali.

Jakarta Ibu Kota Indonesia
Jakarta Ibu Kota Indonesia

2. Malaysia


a Keadaan Alam
Luas Wilayah Malaysia kurang lebih 330.434 km2 yang terdiri atas dua bagian yaitu wilayah Malaysia Barat dan Malaysia Timur.

a. Wilayah Malaysia Barat terletak di semenanjung Malaka yang terdiri atas sebelas negara bagian, yaitu Kedah, Perak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Perlis, Kelantan, Malaka, Johor, dan Trenggano. Pegunungan tertingginya bernama Gunung Tahan dengan tinggi 2.190 meter.

b. Malaysia Timur terletak di sebelah utara Kalimantan yang terdiri atas dua negara bagian yaitu Serawak dan Sabah. Di sini juga terdapat pegunungan tertinggi yaitu Gunung Kinabalu yang mencapai ketinggian 4.101 meter.

b. Bentuk Pemerintahan
Ibu kota Malaysia adalah Kuala Lumpur. Bentuk negaranya adalah kerajaan. Kepala negaranya adalah raja dengan gelar Yang Dipertuan Agung yang dipilih oleh raja-raja dari negara bagian. Kepala negara-negara bagian adalah raja. Mata uang Malaysia yaitu Ringgit, dan Lagu Kebangsaannya adalah Negaraku. Yang menjalankan pemerintahan adalah Perdana Menteri.

c. Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi bangsa Malaysia terutama pada bidang pertanian, perkebunan, pertambangan dan Industri. Pada bidang pertanian dan perkebunan menghasilkan karet, minyak sawit, lada, teh, padi,
dan kopra. Pertambangan menghasilkan bijih besi, minyak bumi, bouksit, dan bijih timah. Bijih timah ini menjadikan Malaysia sebagai negara penghasil terbesar di dunia. Di bidang industri, Malaysia menghasilkan barang-barang elektronik.

3. Singapura


a. Keadaan Alam
Luas wilayah Singapura sekitar 622 km2 yang terdiri atas pulau - pulau kecil. Singapura merupakan negara dengan letak yang strategis karena berada pada posisi silang jalur pelayaran dari negara-negara di Asia Timur, Asia Barat, Afrika, Eropa, Australia, dan Amerika.

Keadaan ini dimanfaatkan oleh pemerintah Singapura dengan membangun pelabuhan yang menyediakan sarana angkutan dan gudang. Dengan pelayanan yang baik, maka banyak kapal yang singgah di pelabuhan Singapura sehingga menjadikan Singapura sebagai pelabuhan teramai di Asia.

b. Bentuk Pemerintahan
Ibu kota Singapura adalah Singapura. Bentuk negara Singapura adalah Republik yang dikepalai oleh seorang Presiden dengan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Mata uang Singapura adalah Dollar Singapura (S $). Lagu kebangsaannya adalah Majulah Singapura.

c. Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi bangsa Singapura terutama pada jasa perbankan, dan industri. Di bidang industri menghasilkan barang elektronik, dan bahan makanan. Namun karena luas negara yang terbatas maka
untuk memperoleh bahan baku industri, Singapura mengimpor dari negara lain termasuk Indonesia. Jenis bahan baku yang diimpor dari Indonesia di antaranya timah, minyak mentah, dan gas alam.

4. Brunei Darussalam


a. Keadaan Alam
Luas wilayah Brunei Darussalam sekitar 5.765 km2. Letaknya di Kalimantan Utara. Sebelah selatan, barat dan timurnya, berbatasan langsung dengan Serawak (negara bagian timur Malaysia), sedangkan sebelah utaranya berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Wilayah Brunei terdiri atas dua yaitu wilayah barat dan wilayah timur. Wilayah barat merupakan daerah dataran rendah dan berawa sedangkan wilayah timur merupakan daerah yang berbukit. Brunei Darussalam mempunyai gunung dengan tinggi yang mencapai 1.850 meter.

b. Bentuk Pemerintahan
Ibu kota Brunei Darussalam adalah Bandar Seri Begawan. Bentuk negaranya adalah kesultanan. Kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah Sultan. Mata uang Brunei Darussalam adalah Dollar Brunei (Br $). Lagu kebangsaannya adalah Pujian untuk Sultan.

c. Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi Brunei Darussalam terutama dalam pertambangan minyak bumi dan gas alam. Brunei merupakan penghasil minyak bumi terbesar di Asia. Brunei mengimpor dari negara-negara lain untuk kebutuhan barang lainnya, seperti barang elektronik, kendaraan, beras, gula, sayuran dan buah-buahan.

5. Filipina


a. Keadaan Alam
Luas wilayah Filipina sekitar 300.000 km2. Seperti halnya Indonesia, Filipina merupakan negara kepulauan. Jumlah pulaunya kurang lebih 7.100 pulau. Pulau - pulau besarnya adalah Pulau Luzon, Pulau Mindore, Palawan, Cebu, Negros dan Pulau Mindanao.

Kepulauan Filipina termasuk daerah Pegunungan Lipatan Pasifik dan memiliki banyak gunung api yang di antaranya masih aktif. Gunung tertinggi di Pulau Luzon adalah Gunung Mayon dengan tinggi 2.421 meter, sedangkan gunung tertinggi di Pulau Mindanao adalah Gunung Apo dengan ketinggian 1.954 meter. Kota pelabuhan terbesar di Filipina adalah Cavite yang terdapat di Pulau Luzon.

b. Bentuk Pemerintahan
Ibu kota Filipina adalah Manila. Bentuk negaranya yaitu Republik dengan kepala negaranya dipimpin oleh Presiden. Kepala pemerintahan Filipina adalah Presiden. Istana kepresidenan Filipina bernama Malacanang terdapat di Kota Manila. Mata uang Filipina adalah Peso. Lagu kebangsaannya adalah Tierra Adorada.

c. Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi penduduk Filipina adalah dalam bidang pertanian, pertambangan, dan industri. Hasil pertaniannya terdiri atas padi, nanas, dan gula. Hasil pertambangannya antara lain emas, tembaga, kobalt, nikel, bijih besi, dan minyak bumi. Di negara Filipina tepatnya di kota Los Banos terdapat Lembaga Penelitian Padi Internasional yang dalam bahasa Inggris, lembaga itu disebut International Rice Research Institute (IRRI).

6. Thailand

a. Keadaan Alam
Luas wilayah Thailand kurang lebih 513.998 km2. Thailand terdiri atas dataran rendah, bukit-bukit dan pegunungan. Dataran rendah dialiri oleh Sungai Chao Phraya, sehingga merupakan daerah yang sangat subur di Thailand. Pegunungan yang tertinggi terdapat di bagian utara dan barat dengan puncaknya yang tertinggi adalah Gunung Doi Inthanon dengan ketinggian 2.594 meter.

b. Bentuk Pemerintahan
Ibu kota Thailand adalah Bangkok, dengan bentuk negaranya adalah kerajaan. Kepala negaranya adalah raja, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Mata uang Thailand adalah Baht. Lagu kebangsaanya adalah Pleng Chard.

c. Kegiatan ekonomi
Kegiatan ekonomi penduduk Thailand adalah dalam bidang pertanian, kehutanan, pertambangan, dan industri. Thailand merupakan penghasil beras terbesar di Asia, sehingga dikenal sebagai lumbung padi Asia. Hasil tambangnya antara lain timah dan mangan. Hasil hutannya adalah kayu jati, sedangkan industrinya adalah tekstil, semen, dan barang elektronik.

7. Myanmar


a. Keadaan Alam
Luas wilayah negara Myanmar kurang lebih 676.552 km2. Iklim yang terdapat di Myanmar terbagi dua yaitu Myanmar bagian selatan beriklim tropis, sedangkan bagian utara beriklim subtropis. Di bagian timur terdapat dataran tinggi yang memisahkan Myanmar dengan Thailand.

Di bagian tengah berupa dataran rendah yang dialiri oleh Sungai Irawadi dan beberapa sungai lainnya. Di bagian utara berbatasan dengan Cina dan India yang berupa pegunungan (bagian dari pegunungan Himalaya). Di bagian selatan terdapat garis pantai sepanjang Laut Andaman dan Teluk Benggala.

b. Bentuk Pemerintahan
Ibu kota Myanmar adalah Yangon. Bentuk negaranya republik. Kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah presiden. Mata uang Myanmar adalah Kyat. Lagu kebangsaannya adalah Our Free Homeland (Tanah Airku Merdeka).

c. Kegiatan Ekonomi
Mata pencaharian penduduk Myanmar dalam bidang pertanian, kehutanan, perkebunan, dan pertambangan. Hasil utama pertanian Myanmar adalah padi yang merupakan penghasil terbesar di Asia Tenggara. Hasil perkebunannya adalah kapas, tembakau, dan tebu. Hasil hutannya adalah kayu jati, sedangkan hasil tambangnya berupa emas, perak, seng, timah, tembaga, dan minyak bumi.

8. Kamboja


a. Keadaan Alam
Kamboja terletak di semenanjung Indocina. Berbatasan dengan Laos di sebelah utara, di sebelah timur dan selatan berbatasan dengan Vietnam sedangkan di sebelah barat dan utara berbatasan dengan
Thailand. Luas wilayah Kamboja sekitar 181.300 km2.

Daerah Kamboja yang dilalui oleh Sungai Mekong merupakan daerah yang subur. Terdapat pegunungan Cardamon sepanjang 160 km yang berbatasan dengan Thailand. Tinggi puncak pegunungan Cardamon adalah 1.813 meter. Pada umumnya negara Kamboja beriklim tropis.

b. Bentuk Pemerintahan
Bentuk negara Kamboja adalah republik. Ibu kota negara Kamboja adalah Phnom Penh. Kepala negara Kamboja adalah Presiden, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Mata uang Kamboja adalah Riel Kamboja. Lagu kebangsaannya adalah Our Country.

c. Kegiatan Ekonomi
Mata pencaharian penduduk Kamboja terutama dalam pertanian. Hasil pertaniannya adalah padi, jagung, dan karet. Kamboja juga merupakan salah satu penghasil padi terbesar di Asia Tenggara.

9. Vietnam


a. Keadaan Alam
Negara Vietnam terletak di semenanjung Indocina. Luas wilayahnya sekitar 331.690 km2. Sebelah utara berbatasan dengan Cina, sebelah barat berbatasan dengan Laos dan Kamboja, dan sebelah selatan dan timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Di Vietnam terdapat beberapa pegunungan dan delta sungai. 
1) Di bagian barat laut terdapat pegunungan utara dengan puncak tertingginya bernama Fan-Si-Pan dengan ketinggian 3.143 meter. 
2) Pegunungan Annam yang berada di wilayah barat mulai dari pegunungan utara hingga 80 km di utara Kota Saigon. 
3) Delta Sungai Merah membentang dari pegunungan utara hingga Teluk Tonkin. Daerah ini merupakan daerah yang subur sehingga dijadikan wilayah pertanian. 
4) Delta Mekong yang terbentuk dari Sungai Mekong.

b. Bentuk Pemerintahan
Ibu Kota negara Vietnam adalah Hanoi. Bentuk negaranya adalah republik sosialis dengan kepala negaranya adalah presiden. Kepala pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri. Mata uang Vietnam adalah Dong. Lagu kebangsaannya adalah Tien Quan Ca (Forward Soldier).

c. Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi bangsa Vietnam adalah dalam bidang pertanian, industri dan pertambangan. Mata pencaharian penduduk Vietnam terutama dalam pertanian sehingga hasil utamanya adalah padi. Hasil pertanian lainnya yaitu jagung, tebu, teh, buah-buahan dan tembakau. Hasil industrinya antara lain
tekstil, semen, pupuk, dan ban. Sedangkan hasil tambangnya adalah emas, bijih besi, batu bara, timah, seng, dan fosfat. Negara Vietnam merupakan negara yang beriklim musim tropis.

10. Laos


a. Keadaan Alam
Laos terletak di semenanjung Indoncina, dengan luas wilayahnya sekitar 236.800 km2. Laos beriklim musim. Wilayah Laos umumnya dikelilingi oleh hutan dan pegunungan. Di sebelah utara berbatasan dengan Cina, sebelah timur dengan Vietnam, sebelah selatan dengan Thailand dan Kamboja, dan sebelah barat berbatasan dengan Myanmar dan Thailand. Wilayah Laos sebelah utara terdapat pegunungan dan dataran tinggi yang membentang sepanjang batas timur dengan puncaknya adalah Gunung Bia.

Sungai penting di Laos adalah Sungai Mekong yang mengalir dari barat daya ke arah tenggara hingga perbatasan Thailand. Daerah sepanjang Sungai Mekong ini dijadikan daerah pertanian. Sungai Mekong juga dimanfaatkan sebagai sarana transportasi.

b. Bentuk Pemerintahan
Ibu Kota negara Laos adalah Vientiane dengan bentuk negaranya republik. Kepala negaranya adalah presiden, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Mata uang Laos adalah New Kip (KN). Lagu kebangsaanya adalah Sat Lao Tang Te Deum Ma'Khan Sulu Sa You Nei Asie.

c. Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi penduduk Laos terutama dalam bidang agraris. Hasil pertaniannya adalah padi, sayuran, pisang, pepaya, kelapa dan jagung. Selain usaha pertanian, ada juga usaha ternak yang menghasilkan sapi, kerbau, babi, dan unggas.

Loading...