Istilah-istilah dalam administrasi server

Istilah-istilah dalam administrasi server


Adminstrasi Server



ANSI 

American National Standard Institute, adalah sebuah organisasi non-profit swasta yang mengawasi
pengembangan standar konsensus sukarela untuk produk, jasa, proses, sistem, dan personil di Amerika Serikat.

IEEE 

Institute of Electrical and Electronics Engineers adalah masyarakat profesional teknis terbesar di dunia – yang mempromosikan pengembangan dan penerapan teknologi elektro dan elektronika serta ilmu yang berguna untuk kepentingan kemanusiaan, kemajuan profesi, dan kesejahteraan anggotanya.

IETF

`Internet Engineering Task Force, lembaga dunia yang mengatur tata cara penggunaan internet. Dokumen tatacara/protokol internet dikenal dengan sebutan RFC

RFC 

Request For Comment, dokumen tata cara /protocol internet yang diusulkan untuk digunakan yang diorganisir oleh IETF. Masing-masing tata cara diberi nomor mis. RFC-854 mengatur tentang  tatacara telnet.

OSI 

Open System Interconnection adalah deskripsi standar atau "model referensi" untuk memperjelas bagaimana pesan harus ditransmisikan antara dua titik dalam jaringan telekomunikasi.

FTP 

File Transfer Protocol, protokoler yang mengatur aplikasi unggah dan unduh file. Server FTP komputer yang melayani aplikasi FTP dari klien Klien FTP Komputer yang digunakan untuk melakukan aplikasi unduh dan unggah file ke server FTP.

TFTP

Trivial File Transfer Protocol adalah protokol transfer file yang lebih mementingkan kesederhanaan. Hal ini umumnya digunakan untuk transfer otomatis dari konfigurasi atau file boot antara mesin alam lingkungan lokal. Dibandingkan dengan FTP, TFTP sangat terbatas, tidak menyediakan otentikasi, dan jarang digunakan secara interaktif oleh pengguna.

SMTP 

Simple Mail Transfer Protocol, protokoler untuk mengatur pengiriman email

POP 

Post Office Protocol, protokoler untuk mengatur penerimaan email. Saat ini dipakai versi 3 POP3)

IMAP 

Internet Mail Access Protocol, protokoler penerimaan email yang memungkinkan kotak masuk dapat diakses melalui web browser. Saat ini dipakai IMAP versi 4 (IMAP4) VT-100, VT-52, dan VT-NT. Video Terminal, Terminal emulator monitor  untuk computer mikro yang dibuat oleh DEC: Digital Equipment Corporation, Amerika Serikat.

NTLM

Pada jaringan Windows, NT LAN Manager (NTLM) adalah suite protokol keamanan Microsoft yang menyediakan otentikasi, integritas, dan kerahasiaan pengguna. Port Dalam teknologi jaringan komputer, terminologi port merepresentasikan suatu kanal komunikasi atau titik akhir secara nyata maupun virtual.

Cache 

Cache adalah tempat penyimpanan sementara. Jika kita menggunakannya dalam web cache browser, maka langkah kliring akan menghapus file-file sementara yang disimpan dalam cache. Tidak akan terjadi hal yang membahayakan, jika itu yang kita inginkan.

Istilah-Istilah Jaringan Komputer
Istilah-Istilah Jaringan Komputer

SSH 

Secure Shell (SSH), kadang-kadang dikenal sebagai Secure Socket Shell, adalah antarmuka perintah berbasis UNIX dan protokol yang aman untuk mendapatkan akses ke komputer remote. Hal ini banyak digunakan oleh administrator jaringan untuk mengontrol Web dan jenis lain dari server jarak jauh. SSH sebenarnya suite tiga utilitas - slogin, ssh, scp dan yang versi aman dari utilitas sebelumnya UNIX, rlogin, rsh, dan rcp. Perintah SSH dienkripsi dan aman dalam beberapa cara. Kedua ujung koneksi klien / server dikonfirmasi menggunakan sertifikat digital, dan password yang dilindungi dan dienkripsi.

TCP 

Transmission Control Protocol adalah seperangkat aturan (protokol) yang digunakan bersama dengan Internet Protocol (IP) untuk mengirim data dalam bentuk unit pesan antara komputer melalui Internet. Sementara IP menangani pengiriman aktual dari data, TCP menangani pelacakan unit data individu (disebut paket) yang antara lain ada bagian untuk routing yang efisien melalui Internet.

UDP 

User Datagram Protocol adalah protokol komunikasi yang menawarkan layanan terbatas saat pesan dipertukarkan antara komputer dalam jaringan yang menggunakan Internet Protocol (IP).UDP adalah sebuah alternatif selain Transmission Control Protocol (TCP) dan bersama-sama dengan IP, kadang-kadang disebut sebagai UDP/IP. Seperti TCP, UDP menggunakan IP untuk benar-benar mendapatkan data unit (disebut datagram) dari satu komputer ke komputer lain. Tidak seperti TCP, bagaimanapun UDP tidak menyediakan layanan membagi pesan ke dalam paket (datagram) dan pemasangan kembali itu di ujung lain . Secara khusus, UDP tidak menyediakan urutan paket saat data tiba dan diterima, ini berarti bahwa program aplikasi yang menggunakan UDP harus dapat memastikan bahwa seluruh pesan telah tiba dan dalam urutan yang benar . Aplikasi jaringan yang ingin menghemat waktu pemrosesan karena mereka memiliki unit data yang sangat kecil untuk bertukar (sangat sedikit melakukan pemasangan kembali) dapat memilih UDP daripada TCP. Trivial File Transfer Protocol ( TFTP ) menggunakan UDP bukan TCP .

NTP 

Network Time Protocol merupakan sebuah mekanisme atau protokol yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi terhadap penunjuk waktu dalam sebuah sistem komputer dan jaringan.

Atomic Clock 

Jam atom adalah waktu dan frekuensi standar yang dikenal paling akurat, dan digunakan sebagai standar primer untuk layanan distribusi waktu internasional, untuk mengontrol frekuensi gelombang siaran televisi, dan dalam sistem navigasi satelit global seperti GPS

GPS 

Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi berbasis satelit-ruang yang menyediakan informasi lokasi dan waktu dalam segala kondisi cuaca, di mana saja pada atau dekat Bumi meskipun terhalang dari pandangan ke empat atau lebih satelit GPS. Sistem ini menyediakan kemampuan penting untuk pengguna militer, sipil dan komersial di seluruh dunia. Hal ini dikelola oleh pemerintah Amerika Serikat dan dapat diakses secara bebas kepada siapa pun dengan penerima GPS. Proxy Dalam suatu perusahaan yang menggunakan Internet, server proxy adalah server yang bertindak sebagai perantara antara pengguna workstation (internal) dengan internet sehingga perusahaan dapat menjamin keamanan, kontrol administratif, dan layanan caching. Sebuah server proxy dikaitkan dengan atau bagian dari server gateway yang memisahkan jaringan perusahaan dari jaringan luar.

Subscribe to receive free email updates: