Hewan dan Tumbuhan Langka

Hewan dan Tumbuhan langka, tumbuhan langka, tanaman langka, bunga langka, binatang langka, hewan langka

Hewan dan Tumbuhan Langka


Kepunahan hewan telah dialami oleh dinosaurus. Pernahkah kamu mendengar istilah hewan inosaurus? Pernahkah kamu melihat hewan tersebut? Mungkin kamu pernah melihat hewan dinosaurus di televisi atau di buku. Akan tetapi, sekarang kita tidak dapat melihat dinosaurus dalam keadaan hidup. Dinosaurus adalah hewan yang hidup jutaan tahun yang lalu dan telah punah.


Fosil adalah bukti bahwa dinosaurus itu ada dan pernah hidup jutaan tahun yang lalu. Kita harus melestarikan makhluk hidup di sekeliling kita agar tidak punah seperti dinosaurus.

A. Jenis Hewan dan Tumbuhan 

yang Mendekati Kepunahan


Beraneka ragam jenis hewan dan tumbuhan dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa. Kita harus bersyukur dengan keadaan itu. Akan tetapi, beberapa jenis makhluk hidup sangat jarang kita jumpai sekarang ini. Mereka adalah hewan dan tumbuhan langka yang hampir punah.

1. Hewan Langka

Kucing, ayam, kambing, dan sapi adalah contoh hewan yang sering kita temui. Pernahkah kamu melihat harimau, badak bercula satu, atau burung cendrawasih?

Harimau, badak bercula satu, dan burung cendrawasih adalah contoh hewan langka. Mereka sangat jarang kita temui. Kelangkaan hewan-hewan tersebut disebabkan oleh perburuan liar yang dilakukan manusia.

Misalnya, badak bercula satu yang diburu untuk diambil culanya. Badak bercula satu hidup di Ujung Kulon. Burung cendrawasih diburu manusia untuk diambil bulunya. Bulu cendrawasih sangat indah. Burung cendrawasih hidup di Papua (Irian Jaya). Burung ini sering disebut burung surga. Burung lain
yang hampir punah, yaitu jalak bali, beo, dan cucak rowo. Hewan langka lainnya adalah harimau Sumatra. Harimau ini hidup di hutan Sumatra. Harimau ini memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan harimau lainnya.

Komodo
Komodo

Gajah, panda, komodo, dan orang utan juga terancam punah. Panda merupakan hewan yang lucu. Panda digunakan sebagai simbol organisasi perlindungan satwa langka. Panda hidup di daratan Cina. Makanan panda adalah bambu yang masih muda. Tubuh panda berwarna hitam dan putih. Bagian tubuh yang berwarna hitam adalah telinga, tangan, seputar mata, dan kaki. Bagian tubuh lainnya berwarna putih.

Orang utan termasuk hewan yang dilindungi. Akan tetapi, sebagian orang memelihara orang utan di rumah. Orang utan adalah sejenis kera yang banyak hidup di hutan Sumatra dan Kalimantan. Komodo juga termasuk hewan langka. Komodo hidup di Pulau Komodo yang terdapat di daerah Nusa Tenggara Timur. Bentuk komodo seperti kadal, tetapi ukurannya jauh lebih besar. Komodo adalah hewan karnivora yang menyerang musuhnya dengan ganas jika merasa terancam.

2. Tumbuhan Langka

Bunga bangkai merupakan salah satu tumbuhan yang dilindungi. Tahukah kamu, mengapa bunga ini disebut dengan bunga bangkai? Pada saat mekar bunga ini akan mengeluarkan bau busuk. Bunga ini memiliki ukuran yang cukup besar tinggi bunga dapat mencapai 2 meter, lebar mahkotanya dapat mencapai 2,5 meter. 
Bunga Rafflesia
Bunga Rafflesia

Buah jamblang (duwet) memiliki rasa yang kurang enak. Oleh karena itu, manusia kurang tertarik untuk mengembangbiakkan tumbuhan ini. Akibatnya, tumbuhan ini lama kelamaan terancam punah. Kelangkaan makhluk hidup dapat disebabkan oleh kurangnya minat manusia untuk mengembang-biakkannya. Selain itu, perburuan yang berlebihan dan bencana alam juga dapat.

B. Pentingnya Pelestarian Makhluk Hidup
menyebabkan kelangkaan makhluk hidup


Antara makhluk hidup yang satu dan lainnya terjadi hubungan saling ketergantungan. Dalam rantai makanan, manusia dan hewan bergantung pada tumbuhan yang berperan sebagai produsen. Tumbuhan juga membutuhkan manusia juga hewan. Keseimbangan alam dapat terganggu jika salah satu jenis makhluk hidup terancam punah. Apakah yang terjadi jika tumbuhan atau hewan yang sering kita manfaatkan punah?

Jika kita tidak melestarikan hewan dan tumbuhan langka, maka hewan dan tumbuhan langka tersebut dapat punah seperti halnya dinosaurus. Anak cucu kita tidak akan mengenal lagi jenis hewan dan tumbuhan tersebut.

Untuk itu, kita harus menjaga kelestarian makhluk hidup. Cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan makhluk hidup lainnya adalah sebagai berikut.

1. Melindungi Tempat Hidupnya

Untuk melindungi hewan dan tumbuhan dari perburuan liar, pemerintah membuat berbagai peraturan. Peraturan tersebut melindungi hewan dan tumbuhan agar tidak punah. Pelanggaran terhadap peraturan dapat dikenai sanksi hukum. Oleh karena itu, manusia takut berburu hewan langka karena dapat dikenai hukuman. 

Pemerintah mendirikan cagar alam dan suaka margasatwa untuk melindungi berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Masih ingatkah kamu tentang cagar alam dan suaka margasatwa? Makhluk hidup yang habitatnya di cagar alam dan suaka margasatwa dilindungi kelestariannya oleh undang-undang.
Perlindungan ini ditujukan agar tumbuhan dan hewan dapat hidup bebas di tempat asalnya. Pemerintah juga membuat taman nasional, taman hutan raya, dan taman wisata alam bagi masyarakat umum.

2. Perkembangbiakan Secara Buatan

Salah satu penyebab kepunahan makhluk hidup adalah campur tangan manusia. Oleh karena itu, manusia juga harus bertanggung jawab untuk melestarikan hewan dan tumbuhan. Contoh kepedulian manusia terhadap kelestarian alam adalah perkembangbiakan secara buatan. Caranya adalah membuat tempat penangkaran untuk mengembangbiakkan hewan. Misalnya, penangkaran buaya di Papua dan penangkaran orang utan di Tanjung Puting. Pelestarian tumbuhan dilakukan dengan penanaman dan penyilangan tumbuhan langka. Hal ini dilakukan untuk menambah jumlah hewan dan tumbuhan langka tersebut.

Subscribe to receive free email updates: