Download, Contoh Judul, Skripsi Sistem Informasi Komputer (Skripsi Sistem Informasi)

Contoh Skripsi Sistem Informasi, judul skripsi sistem informasi, skripsi sistem informasi, contoh judul skripsi sistem informasi, download skripsi sistem informasi, contoh judul skripsi jurusan sistem, contoh makalah sistem informasi, skripsi sistem informasi komputer.

1. BAB I PENDAHULUAN


Pada era globalisasi ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat, apalagi informasi sekarang cepat menyebar kepenjuru dunia. Sejalan dengan hal tersebut permasalahan yang kita hadapi juga semakin kompleks. Dengan kenyataan itu kita dituntut untuk  menyelesaikan permasalahan yang ada dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi serta kecepatan, ketepatan dan keakuratan dalam memberi informasi sehingga dalam melaksanakan pekerjaan kita akan mendapat hasil yang optimal. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi komputer.
Data yang berukuran besar jika dikerjakan secara manual membutuhkan tenaga lebih dari satu orang, maka dengan perlengkapan komputer data tersebut dapat ditangani oleh satu orang saja, dan  juga dengan penggunaan komputer akan lebih cepat dalam penyelesaiannya. Dengan kemudahan fasilitas yang diberikan komputer akan mempermudah dalam pembuatan dan penyampaian informasi kepada orang yang membutuhkan.
Pentingnya informasi dalam hidup ini, mengharuskan kita untuk dapat menyampaikan informasi dengan jelas dan menarik kepada semua orang, sehingga tidak terjadi salah tafsir dalam penerimaan informasi. Untuk dapat memberikan informasi yang jelas dan menarik dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, diantaranya dalam mendiskripsikan data yang ada dengan kalimat yang tepat dan jelas serta menampilkan data dalam bentuk tabel.
Dalam perkembangannya sering dijumpai adanya kesalahan yang disebabkan oleh kurang telitinya dalam perhitungan serta kemungkinan terjadinya kecurangan sangat mempengaruhi kinerja dari kegiatan instansi tersebut. Hal ini karena semua transaksi yang dilakukan masih menggunakan sistem manual. Apalagi data yang diolah cukup banyak akan berpengaruh pada efisiensi waktu dan tenaga. Keamanan dan pengolahan data pun diragukan kebenarannya karena tidak menutup kemungkinan adanya kecurangan yang disengaja maupun tidak disengaja. Sistem yang selama ini diterapkan di Bagian Kesejahteraan Sosial  yaitu dengan menggunakan sistem Informasi Inventaris secara manual, yang hanya berdasarkan  pada catatan manual tertulis pada buku besar.
Penggunaan Sistem Komputerisasi bertujuan untuk meminimalisir kesalahan yang ada pada pengolahan data Inventaris. Berdasarkan uraian di atas maka dalam penyusunan tugas akhir ini penulis mengangkat judul “Sistem Informasi Inventaris  Pada Bagian Kesejahteraan Sosial Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat “.
  

1.2              Identifikasi Masalah

Berdasarkan uraian diatas ditemukan beberapa permasalahan yaitu :
1.      Sistem Pengolahan Data Inventaris masih relatif lama karena dalam pengolahan datanya masih menggunakan sistem manual mencatat ke dalam buku besar.
2.      Sering terjadi kesalahan dalam perhitungan data pembagian Inventaris di masing-masing sub bagian.

1.3              Batasan Masalah

Penulis dalam hal ini membatasi masalah hanya pada pengolahan data Inventaris pada  Bagian Kesejahteraan Sosial Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat.

 1.4              Rumusan Masalah

Berdasarkan Sistem Informasi Pengolahan Data Inventaris pada Bagian Kesejahteraan Sosial Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.        Bagaimana membangun Sistem Inventaris agar dalam Pencatatan data barang Inventaris tidak memerlukan waktu yang lama ?
2.        Bagaimana membangun sistem informasi agar dalam pencarian data barang Inventaris dapat dilakukan dengan cepat ?

1.5              Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah diatas, adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui bagaimana membangun sistem informasi agar dalam pencatatan data Inventaris tidak memerlukan waktu lama.
2.      Untuk mengetahui bagaimana membangun sistem informasi agar  dalam pencarian data barang dapat dilakukan lebih cepat.

1.6              Kegunaan  Penelitian

Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat teoritis dan manfaat praktis diantaranya yaitu :
1.      Secara teoritis Penelitian ini dapat memberikan manfaat secara teoritis diantaranya adalah sebagai berikut :
a.     Bagi mahasiswa merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan S1 Program Sistem Informasi pada STMIK DCC Kotabumi
b.    Menerapkan ilmu yang di peroleh penulis di dalam dunia kerja yang nyata, yang menjadi bahan penelitian bagi penulis
c.    Bagi Bagian Kesejahteraan Sosial dapat  menjadi alat untuk mempermudah penanganan Inventaris pada Bagian  Kesejahteraan Sosial
d.     Memberikan masukan bagi perkembangan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan terutama Inventaris barang
Skripsi Komputer
Skripsi Komputer
2.      Secara Praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pembinaan dan pengembangan pemanfaatan ilmu sistem informasi di suatu instansi atau perusahaan dan memperluas wawasan yang berkaitan dengan keberadaan sistem informasi dalam suatu instansi, serta fungsinya bagi para petugas terutama dalam rangka memberikan Inventaris barang kepada yang membutuhkan.
Loading...