Skip to main content

Contoh Proposal PTK (PTK Matematika)

Contoh Proposal PTK (Matematika Bab1)


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sekarang lagi gencar dilaksanakan di sekolah-sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan di sekolah masing-masing. berikut ini adalah contoh proposal PTK mata pelajaran Matematika SMP.

PTK Guru Bab 1

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang di berikan disetiap jenjang pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah maupun pendidikan tinggi. Demikian juga di SMP Negeri 3 Kotabumi pelajaran matematika di berikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu KTSP. Di kelas VIII F siswa-siswa  mengikuti pelajaran matematika sesuai jadwal pelajaran.

Menurut catatan, Dengan KKM 70 hasil ulangan harian siswa kelas VIII F yang berjumlah 34 siswa pada semester ganjil tahun  2012 di SMP Negeri 3 Kotabumi menunjukkan bahwa siswa yang tuntas belajar atau mencapai KKM  hanya 11 siswa dan yang tidak tuntas ada 23 siswa  dengan kata lain siswa yang tuntas belajar hanya 32,35% dan yang tidak tuntas belajar 67,65% .  Dari data tersebut penulis ingin memperbaiki pembelajaran matematika siswa agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Solusi yang digunakan dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII F di SMP  Negeri 3 kotabumi adalah dengan menggunakan  media pembelajaran CD Interaktif, 

 CD Interaktif dalam pembelajaran berfungsi  untuk menyampaikan suatu informasi yang diinginkan dalam beberapa aplikasi menarik. CD Interaktif memiliki kelebihan-kelebihan pertama  penggunanya bisa berinteraksi dengan komputer karena dalam CD Interaktif terdapat menu-menu khusus yang dapat diklik oleh penggunanya untuk memunculkan informasi berupa audio, visual maupun fitur lain yang diinginkan oleh pengguna. Kemudian yang kedua adalah menambah pengetahuan karena  materi pembelajaran dirancang kemudahannya dalam CD Interaktif  bagi pengguna. Kelebihan ketiga adalah tampilan audio visual yang menarik jika dibandingkan dengan media konvensional seperti buku atau media dua dimensi lainnya. Kemenarikan di sini utamanya karena sistem interaksi yang tidak dimiliki oleh media cetak (buku) maupun media elektronik lain (film TV, audio).

Peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan CD Interaktif  di harapkan dapat meningkatkan kemampuan mencatat siswa, interaksi antar siswa, interaksi antara siswa dan guru, ketelitian,  menyimpulkan dan hasil belajar matematika siswa.

Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan kerapihan, kesesuaian dengan tugas, kebenaran jawaban dan tanggung jawab siswa dalam kerja kelompok.

B.Identifikasi Masalah 

 Dari uraian latar belakang masalah di atas, maka dapat di identifikasi masalahnya sebagai berikut :
1. Apakah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk mencatat?
2. Apakah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan interaksi antara siswa?
3. Apakah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru?
4. Apakah dengan CD interaktif dapat meningkatkan ketelitian siswa?
5. Apakah dengan CD interaktif dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimpulkan?
6. Apakah dengan CD Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa?

C. Rumusan Masalah

Berdasarkan  identifikasi masalah  di atas di dapat rumuskan masalah sebagai berikut  Apakah menggunakan CD Interaktif  dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 kotabumi semester ganjil tahun 2012?  

D. Tujuan Penilitian

Dengan menggunakan CD Interaktif siswa di harapkan dapat:
1. Meningkatkan kemampuan mencatat siswa kelas VIII F SMP Negeri 3
     kotabumi tahun 2012
2. Meningkatkan interaksi antar siswa kelas VIII F SMP 3 Negeri 3 kotabumi 
    tahun   2012
3. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru kelas VIII F SMP Negeri 3  
     kotabumi tahun 2012
4. Meningkatkan ketelitian siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 kotabumi tahun 2012
5. Meningkatkan kemampuan menyimpulkan siswa kelas VIII F SMP Negeri 3  
    kotabumi tahun 2012
6. Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 
    kotabumi tahun 2012

E. Manfaat Penilitian

1. Manfaat Bagi Siswa
Melatih siswa  agar dapat memanfaatkan informasi dengan baik dan cepat seiring dengan  perkembangan IPTEK yang sangat pesat.
2. Manfaat Bagi Guru
Dapat meningkatkan kinerja guru, dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK.
3. Manfaat Bagi Sekolah
Dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kwalitas sekolah.


Comments

Popular posts from this blog

7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database

Pembahasan saat ini yaitu 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database, arsitektur basis data, basis data, database 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi  Dasar Manajemen Database Pengguna dalam Basis data Pada tingkat pemakai, data base dikelompokkan menjadi beberapa tingkat pemakai yaitu antara lain sebagai berikut : 1. Database Administrator Ialah manusia yang mengorganisasi seluruh sistem basis data. Database administrator imemiliki tanggung jawab penuh dalam manajemen database meliputi: pengaturan hak akses, koordinasi dan monitoring serta bertanggung jawab terhadap kebutuhan hardware dan software. Dalam pekerjaannya biasanya dibantu oleh staf Admin. Database Administrator 2. Database Designer Adalah manusia yang bertugas merancang dan mengembangkan database. database designer bertanggung jawab dalam identifikasi data yang tersimpan dalam database, menentukan struktur data yang tepat untuk disimpan dalam database. Database designer memerlukan

5 Fungsi Modul Input Output (I/O)

5 Fungsi Modul Input Output (I/O) Modul I/O adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register – register CPU. Dalam mewujudkan hal ini, diperlukan antarmuka internal dengan komputer (CPU dan memori utama) dan antarmuka dengan perangkat eksternalnya untuk menjalankan fungsi-fungsi pengontrolan. Fungsi dalam menjalankan tugas bagi modul I/O dapat dibagi menjadi beberapa katagori, yaitu: • Kontrol dan pewaktuan. • Komunikasi CPU. • Komunikasi perangkat eksternal. • Pem-buffer-an data. • Deteksi kesalahan. 1. Fungsi Kontrol dan Pewaktuan Fungsi kontrol dan pewaktuan (control & timing) merupakan hal yang penting untuk mensinkronkan kerja masing – masing komponen penyusun komputer. Dalam sekali waktu CPU berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat dengan pola tidak menentu dan kecepatan transfer

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian, tahapan metode ilmiah, metodologi penelitian, metode ilmiah