Analisa Sistem Informasi Apotik

Analisa Sistem Informasi Apotik, sistem informasi apotek, aplikasi penjualan, program aplikasi, aplikasi komputer, software komputer

Analisa Sistem Informasi Apotik

Berikut ini contoh Analisa sistem informasi apotek yang sedang berjalan


1. Analisa Sistem Yang Sedang Berjalan

Konsumen yang akan membeli obat terlebih dahulu menanyakan kepada petugas niaga, kemudian petugas niaga mencarikan obat yang dimaksudkan oleh konsumen, setelah obat yang dicari oleh petugas niaga ditemukan kemudian obat tersebut diperlihatkan kepada konsumen, setelah itu konsumen melakukan proses pembayaran kepada kasir atas obat yang dibelinya. Kasir melakukan proses pencatan pembayaran obat yang dibeli konsumen. Kasir memberikan bukti pembayaran kepada konsumen. Kemudian kasir membuat laporan penjualan obat-obat yang dibeli oleh konsumen. Laporan tersebut disampaikan kepada ketua, oleh ketua laporan tersebut diperiksa terlebih dahulu kemudian ditanda tangani. Laporan yang sudah diperiksa dan ditanda tangani oleh ketua satu diarsipkan oleh ketua, dan satu lagi diarsipkan oleh kasir berdasarkan tanggal transaksi yang telah dilakukan.

Analisa Sistem yang sedang berjalan
Mapping Sistem Yang Berjalan


Setelah dilakukan analisa terhadap sistem yang berjalan, ditemukan beberapa kelemahan sistem yaitu 
  1. Masih terdapat kerangkapan data dalam proses pencatatan pembayaran
  2. Proses pencatatan pembayaran masih membutuhkan waktu yang lama, karena harus mencari datanya satu persatu.
  3. Belum menggunakan database yang berbasis komputer 


2. Alur Sistem yang baru

Berdasarkan hasil analisa pada sistem yang ada, maka dapat dibuat suatu rancangan sistem yang merupakan penyempurnaan sistem yang sedang berjalan, agar sistem yang ada akan lebih sempurna dan dapat lebih dimengerti. Alur sistem yang diusulkan tidak jauh berbeda dari sistem yang sebelumnya, namun ada beberapa perubahan proses yang menggunakan komputerisasi. Sistem tersebut dapat dilihat antara lain sebagai berikut. 
Diagram Konteks

Subscribe to receive free email updates: