Skip to main content

4 Sistem Operasi Windows Server dan penjelasannya

4 Sistem Operasi Windows Server dan penjelasannya, sistem operasi, sistem operasi windows, sistem operasi komputer


SISTEM OPERASI WINDOWS SERVER


Sistem operasi (sering disebut OS) adalah perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol,manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem dan memberikan kemudahan penggunaan komputer ke pemakai. Sistem operasi ini mengontrol penyimpanan data, masuk, keluar dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Secara umum, Sistem operasi merupakan perangkat lunak pertama di tempatkan oleh komputer dalam memorinya saat komputer dinyalakan atau di hidupkan.Setelah Sistem Operasi berjalan dengan baik, baru kemudian perangkat-perangkat lunak lain dijalankan. Semua perangkat lunak yang di jalankan akan mendapat layanan dari sistem operasi, seperti akses disk, manajemen memori, skeduling task, dan multitasking.

1. Windows NT Server


Windows NT Server adalah sistem operasi untuk server yang sistem operasinya 32 bit dari microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi operasi windows 2000, windows XP, server 2003 dan windows Visata. sistem operasi tersebut pada awalnya mendukung beberapa platform mikroprosesor. windows NT server ini tidak di bngun dari MS-DOS mampu mengamati 4 GB.. Windows NT sebenarnya dibangun dari puing-puing sisa pengembangan dari sistem operasi IBM 03/2 versi 3.0, Selanjutnya microsoft merekut beberapa orang pengembangan sistem operasi dari Digital Equipment corporation (DEC). tim pengembangan dikepalai oleh David Neilcutler, SR.

KELEBIHAN Windows NT Server


1. Peningkatkan kapasitas server untuk melayani lebih simultan koneksinya.
2. Bebas dari kode 16 Bit milik MS-DOS
3. Peningkatkan kemampuan layanan server TCP/IP
4. Model keamanan berbasis domain penuh
5. Tool untuk mengintegrasikan Netware dan MeMonitoring jaringan

KEKURANGAN Windows NT Server


1. Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat
   bantu administrasi banyak mengunakan Java script dan Active X.
2. Pengubahan Konfigurasi yang mendasar jarang dapat dilakukan dengan berhasil.
3. Dokumentasi online
Microsoft Windows NT Server
Microsoft Windows NT Server

2. Windows Server 2000


Microsoft merilis windows 2000 pada 17 Febuari 2000 sebuah versi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan NT 5,0 atau ―NT.5,0″ versi 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasaar yakni pangsa pasar workstation dan juga pangsa pasar server.

Diantara fitur windows 2000 yang paling signifikan adalah active Directory, sebuah model jaringan pengganti jaringan NT domain yang menggunakan teknologi yang merupakan standar industri seperti Domain Name System (DNS) Light weight Directory Access Protocol (LDAP) dan kerberos untuk menghubungkan antara sebuah mesin ke mesinlainnya. Windows 2000 dapat memperbaruhi komputer yang sebelumnya menjalankan windows 98, windows 2000 tidak lah dianggap sebagai prodok yang cocok untuk rumahan, alasannya bnyak diantaranya adalah kurangnya device driver untuk banyak penggunaseperti pemindai (Scanner) dan juga pencetak (Printer) pada saat di liris windows 2000 tersedia dalam enam edisi yakni.
1.Windows 2000 Professional
2.Windows 2000 Server
3. Windows 2000 Advanced Server
4. Windows 2000 Datacenter Server
5. Windows 2000 Advanced Server limited Edition
6. Windows 2000 Datacenter Server Limited Edition
Windows Server 2000
Windows Server 2000

3. Windows Server 2003


Pada tanggal 24 April 2003 microsoft windows server 2003 sebuah pembaruan untuk sistem operasi windows 2000 server yang menawarkan bbanyak fitur-fitur keamanan yang baru, pemadu Manage your server Wizard yang menyederhanakan peranan sebuah mesin yang menjalankannya dan juga peningkatkan kinerja, windows server 2003 mengunakan kernel windows NT versi 5.2.

Di dalam windows server 2003, beberapa layanan yang tidak terlau dibutuhkan didalam lingkungan server dinonaktifkan secara default ―Windows Audio‖ dan ―Themes‖ pada bulan Desember 2005, Microsoft merilis windows server 2003 R 2. yang merupakan windows server 2003 server pick 1 ditambahkan dengan beberapa paket tambahan diantara semua fitur-fitur barunya adalah fitur-fitur manajemen untuk kantor-kantor cabang dan integrasi identitas yang luas.

Windows 2003 tersedia dalam lima buah edisi:
1. Windows 2003 Web Edition
2. Windows 2003 Standard Edition
3. Windows 2003 Enterprise Edition
4. Windows 2003 Datacenter Edition
5. Windows 2003 Small Business Server

Windows Server 2003
Windows Server 2003

CONTOH INSTALASI WIN SERVER 2003

Microsoft Windows Server 2003 merupakan generasi penerus dari Windows Server 2000.Windows ini dibuat khusus untuk server pada jaringan. Secara garis besar Windows Server 2003 memiliki Versi
 Windows Server 2003 Standard Edition (Win2K3 SE)
 Windows Server 2003 Web Edition
 Windows Server 2003 Enterprise Edition
 Windows Server 2003 Datacenter Edition
 Windows Small Business Server 2003

Windows Server 2003 mempunyai beberapa fasilitas yaitu :
 File Server
 Print Server
 Web Server
 Mail Server
 Multimedia Server
 DNS Server
 Aplikasi Server (Web Server, FTP Server, dll)
 DHCP Server
 Dan Juga bisa sebagai Router (NAT)

Untuk Win2K3 SE, komputer yang akan menggunakannya harus memenuhi beberapa persyaratan minimal sebagai berikut :
 Processors minimum speed 550 megahertz (MHz). Atau minimum support
  133 MHz. Maximum mendukung 4 processors per computer.
 256 megabytes (MB) RAM (recommended minimum) atau minimum 128
  MB, dan maksimum 4 gigabytes (GB).

4. Windows Server 2008


Windows server 2008 adalah sebuah versi baru windows server, yang jadwalkan untuk diliris pada tanggal 27 febuari 2008. Pada saat pengembangannya windows server memiliki nama kode Windows Server Codenamed longhorn‖. Windows Server 2008 dibangun diatas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan windows visata dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan ketimbang pendahulunya windows server 2007.

Windows Server 2008
Windows Server 2008
Silahkan Baca Juga Sejarah Singkat Jaringan Internet

Comments

Popular posts from this blog

7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database

Pembahasan saat ini yaitu 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi Dasar Manajemen Database, arsitektur basis data, basis data, database 7 Pengguna dalam Basis data dan Operasi Operasi  Dasar Manajemen Database Pengguna dalam Basis data Pada tingkat pemakai, data base dikelompokkan menjadi beberapa tingkat pemakai yaitu antara lain sebagai berikut : 1. Database Administrator Ialah manusia yang mengorganisasi seluruh sistem basis data. Database administrator imemiliki tanggung jawab penuh dalam manajemen database meliputi: pengaturan hak akses, koordinasi dan monitoring serta bertanggung jawab terhadap kebutuhan hardware dan software. Dalam pekerjaannya biasanya dibantu oleh staf Admin. Database Administrator 2. Database Designer Adalah manusia yang bertugas merancang dan mengembangkan database. database designer bertanggung jawab dalam identifikasi data yang tersimpan dalam database, menentukan struktur data yang tepat untuk disimpan dalam database. Database designer memerlukan

5 Fungsi Modul Input Output (I/O)

5 Fungsi Modul Input Output (I/O) Modul I/O adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register – register CPU. Dalam mewujudkan hal ini, diperlukan antarmuka internal dengan komputer (CPU dan memori utama) dan antarmuka dengan perangkat eksternalnya untuk menjalankan fungsi-fungsi pengontrolan. Fungsi dalam menjalankan tugas bagi modul I/O dapat dibagi menjadi beberapa katagori, yaitu: • Kontrol dan pewaktuan. • Komunikasi CPU. • Komunikasi perangkat eksternal. • Pem-buffer-an data. • Deteksi kesalahan. 1. Fungsi Kontrol dan Pewaktuan Fungsi kontrol dan pewaktuan (control & timing) merupakan hal yang penting untuk mensinkronkan kerja masing – masing komponen penyusun komputer. Dalam sekali waktu CPU berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat dengan pola tidak menentu dan kecepatan transfer

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian

5 Komponen Penting dalam Proposal Penelitian, tahapan metode ilmiah, metodologi penelitian, metode ilmiah